Tips Memilih Color Berlian


Grade warna berlian dinilai atas dasar kebeningan berlian, dalam arti tidak adanya warna pada berlian tersebut. Grade color berlian, diranking berdasarkan abjad. D untuk grade color berlian paling tinggi, bening tanpa warna, hingga Z untuk berlian dengan warna kuning. Warna kuning disini bukan kuning terang, tetapi kuning muda yang cerah. Apabila warna kuning berlian adalah kuning yang cerah dan sangat jelas kuningnya (vivid color), maka berlian tersebut dimasukan dalam kelompok berlian berwarna. Artikel ini akan membahas tips memilih warna berlian sebagai panduan apabila hendak membeli berlian

Berlian dengan grade color D, E dan F, harganya relatif lebih tinggi dari grade dibawahnya, karena memang keberadaannya sangat langka atau jarang ditemukan. Banyak yang berpendapat bahwa jika Anda ingin membeli berlian, grade warna jangan menjadi pertimbangan utama.

 

Related: Sertifikat Berlian

grade warna berlian untuk memilih color berlian

 

Jika berlian dengan grade F disandingkan dengan berlian grade G atau H, untuk orang awam, akan sulit membedakan mana berlian dengan grade yang lebih tinggi. Perbedaannya sangat tipis sekali. Daripada membeli berlian dengan grade color D, lebih baik membeli berlian dengan grade color G, tetapi dengan carat yang lebih besar. Apalagi jika berlian tersebut mempunyai grade cut yang excellent, bisa dipastikan penampilannya akan tampak besar, indah berkilau.

Atau bahkan jika Anda tidak terlalu fanatik dengan grade color, berlian dengan grade color K sampai Z masih bisa Anda pertimbangkan. Dengan setting cincin yang tepat, pemilihan bahan cincin, maka berlian dengan grade color K sampai Z pun masih tampak indah jika dilihat. Dan yang jelas, Anda tidak perlu merogoh saku sampai dalam.

 

Rekomendasi dan tips memilih color berlian berdasar caratnya :

1.00 carat atau lebih besar, pilih grade color F atau diatasnya.
0.75 – 0.99 carat, pilih grade color G atau diatasnya
0.50 – 0.74 carar, pilih grade color H atau diatasnya
0.50 carat atau lebih kecil, pilih grade color I atau diatasnya.

Semakin besar berlian, warna cenderung lebih tampak secara visual, sehingga jika budget Anda mencukupi untuk membeli berlian dengan berat diatas 1 carat, dan menginginkan berlian yang tampak putih bening, grade color D, E atau F bisa menjadi pilihan.

 

Apakah fluorescence bermasalah dan mempengaruhi color berlian?

Sifat fluorescence adalah berpendarnya berlian saat berlian disinari dengan radiasi elektromagnetis (seperti sinar ultra violet). Dan sumber sinar ultra violet yang paling umum adalah sinar matahari.

Ketika zat ikutan seperti boron, nitrogen, aluminium ataupun fosfor masuk di struktur ikatan atom-atom kristal berlian, energi dari sinar ultra violet diserap oleh elektron elektron zat ikutan tadi. Karena elektron elektron tersebut menyerap energi dari sinar ultra violet, kondisinya menjadi tidak stabil. Dan sesuai dengan hukum fisika, bahwa energi bersifat kekal, maka elektron elektron tersebut berusaha untuk membebaskan energi yang terserap dan kembali dalam posisi stabil. Dan yang bisa dilakukan oleh elektron tersebut adalah dengan membebaskan energi dalam bentuk emisi photon. Terpancarnya photon dari elektron zat ikutan tersebut akan sampai ke mata kita dalam bentuk cahaya yang berpendar.

Warna yang biasanya terlihat karena berpendarnya berlian adalah warna biru, tetapi tidak tertutup kemungkinan berpendarnya warna lainnya, seperti warna kuning, putih, kuning kehijau-hijauan, hijau dan pink. Dan warna sinar tersebut ditentukan oleh komposisi kimia zat ikutan yang ikut masuk dalam proses terbentuknya berlian.

 

sifat fluorescence berlian

Sifat fluorescence pada berlian

 

Apakah Sifat Fluorescence Berlian Mempunyai Pengaruh Negatif ?

Berlian dengan sifat fluorescence yang kuat, cenderung untuk tampak buram (berwarna putih susu, tampak seperti berkabut). Berlian jenis ini pasti mendapatkan discount harga yang besar, meskipun kualitas cut berlian masuk dalam kelompok excelent.

Sekali lagi, check dan re check dengan teliti sebelum Anda memutuskan untuk membeli berlian. Periksa semua aspek penilaian kualitas berlian sebelum Anda mengambil keputusan. Cara paling mudah untuk mengetahui kuat tidaknya sifatnya fluorescence, adalah menyandingkan dengan berlian yang tidak mengandung sifat fluorescence, sinari dengan ultraviolet dan bandingkan keduanya.

Jika Anda ingin membeli berlian dengan kelompok grade color excellent (D, E atau F), disarankan untuk memilih grade warna berlian dengan sifat fluorescence yang ringan, atau kalau bisa, yang tidak mengandung sama sekali.

 

Lanjut ke Sertifikat Berlian

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.