Tips Memilih Clarity Berlian


Apakah Anda mengetahui bahwa mayoritas berlian memiliki beberapa cacat bawaan di dalamnya? Berlian yang sempurna, putih jernih, tanpa cacat bawaan, sedemikian langkanya, sehingga sangat jarang ditemukan. Bahkan untuk orang orang yang berkecimpung dalam bisnis perdagangan berlianpun, mungkin selama hidupnya hanya bisa memperdagangkan satu atau dua berlian dengan kualitas clarity berlian yang sempurna seperti itu. Memilih clarity berlian memang sangat dipengaruhi oleh preferensi seseorang. Di artikel ini, akan dijelaskan, apakah preferensi tersebut menguntungkan atau merugikan Anda ketika memilih berlian yang Anda senangi.

DI dalam sertifikat yang dikeluarkan oleh GIA, grade clarity berlian ditetapkan atas dasar penilaian terhadap ada tidaknya cacat didalam berlian. Semakin sedikit cacatnya, semakin tinggi grade clarity-nya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cacat yang ada di berlian, dapat membaca artikel mengenai Clarity Berlian.

Sebagaian besar pelaku bisnis berlian yang berpengalaman, menempatkan grade clarity sebagai hal terakhir yang dipertimbangkan dalam memilih berlian, dibandingkan dengan 4C berlian lainnya. Cut dan Carat menempati urutan pertama, karena 2 hal tersebut adalah hal yang paling mudah terlihat dan diamati secara visual. Seseorang tanpa menggunakan kaca pembesar / loupe, tidak mungkin bisa membedakan berlian grade clarity VVS1 dengan VVS2.

Related: Berlian Hearts and Arrows

Jadi, untuk apa membayar lebih mahal untuk sesuatu yang tidak dapat dilihat ?

 

grade clarity berlian GIA sebagai dasar untuk memilih clarity berlian

tips memilih clarity berlian

Grade Clarity Berlian GIA

Persepsi Yang Salah Ketika Memilih Clarity Berlian

Ada dua kelompok besar konsumen berlian. Kelompok pertama adalah konsumen yang lebih mementingkan harga dan tidak menjadi masalalah apabila membeli berlian dengan grade clarity yang agak rendah. Kelompok kedua, adalah konsumen yang lebih mementingkan kesempurnaan berlian, kebeningan dan kejernihannya.

Dari masing masing kelompok tersebut, sering kali mempunyai persepsi yang salah ketika memilih clarity berlian. Konsumen yang baru pertama kali membeli berlian, biasanya memilih berlian dengan grade clarity yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan pemikiran bahwa semakin sedikit inklusi atau zat ikutan dalam berlian, atau semakin sedikit cacat bawaannya, maka berlian akan semakin indah berkilau, dan menganggap bahwa inklusi adalah hal yang buruk.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, cut adalah raja, bukan clarity dan juga bukan color. Keindahan dan kecermelangan berlian ditentukan oleh cut, bukan oleh clarity atau color.

Jika alasan pembelian berlian adalah untuk tujuan simbolisme, bukan masalah jika memilih clarity berlian dengan grade clarity tertinggi. Tetapi jika tidak, bisa dikatakan membuang uang dengan sia sia.

Zat ikutan ataupun cacat bawaan, sebenarnya malah bisa dijadikan “sidik jari” atas berlian yang dimiliki. Tidak ada berlian yang sama dengan berlian lainnya, mirip 100%. Setiap berlian adalah unik, memiliki ciri khasnya masing masing. Inklusi dan warna menjadi salah satu pembedanya.

Berlian yang mendapatkan grade kejernihan VS2 dan grade diatasnya, memiliki cacat yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Hal ini berarti cacat atau inklusi yang ada didalam berlian tidak bisa dilihat tanpa menggunakan alat bantu pembesaran.

Jika Anda tidak dapat melihat cacat tersebut, apakah Anda mau membayar lebih mahal untuk sesuatu yang tidak bisa Anda lihat?

Bahkan untuk berlian dengan grade clarity SI1-SI2, terkadang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Malah terkadang, berlian dengan ukuran besar, katakanlah diatas 1,5 carat, meskipun memiliki grade clarity VS2, tidak menjamin inklusi dan cacat bawaan nya tidak terlihat.

Hal tersebut tergantung dari jenis inklusi dan lokasi nya. Apakah didalam berlian atau dekat dengan permukaan berlian. Lalu apa jenis inklusinya. (baca artikel mengenai Clarity Berlian).

 

contoh inklusi yang ada di berlian, memilih clarity berlian

Contoh inklusi di berlian

 

Hal terpenting memahami inklusi adalah, tiap berlian memiliki inklusi dan cacat bawaan masing masing. Bahkan jika disebutkan di dalam sertifikat adanya inklusi berupa dua buah feather, satu feather bisa saja berwarna gelap, dan feather lainnya berwarna terang atau transparan dan tempatnya tersembunyi. Harus melihat secara langsung dan jangan hanya menggantungkan dari penjelasan di sertifikat grade berlian.

Jika Anda membeli berlian di toko perhiasan lokal, selalu minta ke penjual untuk menunjukan inklusi berlian seperti yang tertera di sertifikat grade nya, dengan menggunakan mikroskop, atau paling tidak menggunakan kaca pembesar. Jika penjual menolak atau mengatakan tidak memiliki mikroskop, lebih baik Anda cepat berlalu dari toko tersebut. Hal tersebut harus Anda lakukan jika sedang memilih clarity berlian yang paling menguntungkan dari segi harga

 

Lanjut ke Tips Memilih Color Berlian

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.