Tips Memilih Carat Berlian


Ketika kita membicarakan mengenai berlian, yang muncul di pikiran pastilah harganya yang mahal dan berat carat berlian atau berapa besar berlian tersebut. Dan bagi beberapa orang, sering kali mempunyai cara pandang yang salah mengenai carat berlian. Carat berlian bukanlah cerminan dari seberapa besar ukuran berlian. Dengan carat yang semakin besar, belum tentu ukuran berlian juga bertambah besar.

tips memilih carat berlian berbentuk cincin berlianHal tersebut disebabkan karena besar berlian dipengaruhi oleh proporsinya. Sebagai contoh, berlian dengan cut yang masuk dalam kategori “shallow” (dengan rasio kurang lebih 60%) terlihat lebih besar bila dibandngkan dengan berlian yang masuk dalam kategori “deep cut” (rasio kurang lebih 63%). Selain itu, ketebalan bagian girdle juga ikut mempunyai peran dalam menentukan besar kecilnya penampilan berlian.
Perlu diingat bahwa carat dan cut harus dilihat sebagai satu kesatuan. Jika dengan berat carat yang sama, berlian terlihat lebih besar atau lebih kecil, bisa dipastikan bahwa proporsi cut berlian bukanlah masuk dalam kelompok ideal. Akibatnya, performa berlian dalam memantulkan atau merefleksikan cahaya juga akan berkurang.

 

Related: Berlian Hearts and Arrows

Tips Memilih Carat Berlian

Apa Yang Dapat Dilakukan Dengan Budget Yang Terbatas ?

Ketika memilih berlian, kita akan dipaksa untuk memainkan “zero sum game” dengan 4C Berlian, yaitu Carat, Cut, Color dan Clarity. Dengan budget pembelian tertentu, jika kita ingin meningkatkan grade atau kualitas salah satu C, maka kita harus mengorbankan grade 3C yang lainnya. Sebagai contoh, jika ingin membeli berlian dengan carat yang lebih berat, tetapi dengan budget yang tetap, maka mau tidak mau harus menurunkan kualitas clarity atau kualitas cut nya. Atau mungkin menurunkan kualitas color nya. Tetapi para ahli berlian selalu merekomendasikan, “Jangan pernah mengorbankan kualitas Cut untuk mendapatkan Carat yang lebih berat. Cut harus menjadi pertimbangan utama dalam memilih berlian.”

Berikut adalah metode yang bisa dipakai jika ingin memperoleh berlian dengan carat yang lebih berat, tanpa mengorbankan kualitas cut berlian. Turunkan grade clarity berlian menjadi kelompok SI1 atau SI2. Atau memilih berlian dari grade color berlian G atau yang lebih rendah. Jika dilihat dari sisi table / dari sisi atas, berlian dengan grade warna G hampir sama dengan berlian dari grade warna D.

Selain 4C Berlian, pemilihan setting cincin juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tampilan berlian secara keseluruhan. Berlian akan tampak lebih besar jika menggunakan setting badan cincin yang tipis.

 

Apakah Berlian Dengan Ukuran Besar Tampak Lebih Bagus di Jari Anda ?

Banyak yang berkata, semakin besar ukuran berlian semakin bagus berlian tersebut. Tetapi pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Pantas tidaknya ukuran berlian juga tergantung dengan ukuran jari pamakainya. Apabila ukuran jarinya kecil lalu setting cincin berlian nya terlihat besar, dari segi estetika terlihat kurang serasi. Demikian juga bila sebaliknya. Apabila ukuran jari pemakainya besar, lalu setting cincin berliannya terlihat kecil, dilihat juga menjadi kurang pas.

perbandingan carat berlian di jari

Perbandingan carat berlian di jari.

 

Tips Memilih Carat Berlian Yang Tepat dengan Budget Terbatas

Untuk budget yang terbatas, trik untuk mendapatkan karat maksimal adalah dengan membeli berlian dengan carat di batas atas “kelompok carat” tertentu. Istilah yang sering digunakan untuk berat carat ini adalah “shy weight”.

Salah satu faktor untuk menilai harga berlian adalah berdasarkan berat caratnya. Harga berlian naik seiring dengan naiknya carat. Semakin besar carat, harga per carat berlian semakin mahal. Berlian dengan berat 1 carat, dihargai lebih mahal daripada 2 berlian dengan berat 0.5 carat. Dalam perdagangan berlian, harga per carat berlian dikelompokan dalam berat carat tertentu. Contoh pengelompokan carat adalah berlian dengan carat 0.10-0.49, 0.5-0.74, 0.75-0.99, 1.00-1.5, dan seterusnya.

Harga per carat berlian untuk berat 1.1 carat, akan melonjak bila dibandingkan dengan harga berlian per carat dengan berat 0.95 carat.

Shy weight adalah merujuk ke berlian dengan berat 0.95 carat, atau 1.45 carat. Karena jika berat berlian naik ke 1.00 carat atau 1.5 carat, peningkatan harga jauh melebihi dari peningkatan carat, karena harga per carat nya melonjak jauh.

Berlian 0.90 carat dengan grade cut yang bagus, mempunyai ukuran sekitar 6.20 mm x 6.20 mm. Dan berlian 1.00 carat dengan grade cut yang bagus, mempunyai ukuran sekitar 6.50mm x 6.50mm. Perbedaan nya sangat kecil, sekitar 0.30 mm, yang bila disandingkan, relatif sulit untuk membedakan besarnya. Tetapi harga berliannya, bisa 20% – 30% lebih mahal.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel Panduan Cara Mengetahui Harga Berlian Secara Online dan kemudian bisa membandingkan sendiri berbagai harga berlian dengan carat dan kualitas yang sama.

 

Lanjut ke Tips Memilih Clarity Berlian

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.