Tips Memilih Berlian


Memilih berlian bisa dikatakan mirip dengan saat kita memilih pasangan hidup: semua harus dilakukan dengan hati-hati dan banyak pertimbangan. Suatu hal yang biasa terjadi ketika seorang pria kebingungan ketika harus memilih cincin berlian untuk acara lamaran atau perkawinannya. Seharusnya, proses memilih dan membeli berlian tersebut dapat menjadi hal yang menyenangkan jika dilakukan dengan cara yang benar. Rangkaian artikel berikut akan membahas secara lengkap dan terperinci, mengenai panduan dan tips memilih berlian.

tips memilih berlian

Tips memilih berlian

Kunci utama yang paling penting dalam memilih berlian, secara rasional tentunya, adalah membekali diri dengan pengetahuan mengenai cara menilai kualitas berlian.

Ketika browsing di internet dan bertanya ke Google dengan kata kunci berlian, Anda pasti sering melihat artikel mengenai 4C berlian atau mungkin juga mendengar langsung dari pramuniaga ketika berkunjung di toko perhiasan di kota Anda. Tetapi, banyak orang melakukan kesalahan yang serupa, merasa paham dan mengerti mengenai 4C berlian setelah membaca satu atau dua artikel, melakukan riset selama beberapa jam, atau mendengar presentasi selama 10 menit dari pramuniaga toko perhiasan yang dikunjungi. Atau, jika Anda mengira bahwa Anda bisa memilih berlian yang indah kemilau hanya dari sertifikat yang dikeluarkan oleh GIA atau AGS, dan langsung membeli berlian secara online, maka siap siaplah untuk kecewa ketika paket kiriman sudah sampai di alamat rumah Anda.

Related: Sertifikat Berlian

Sebenarnya membeli berlian adalah hal yang mudah. Asal budget tersedia, berlian bisa dengan mudah dicari dan dibeli, baik membeli dengan cara online atau langsung ke toko perhiasan. Yang sulit dan memerlukan pembelajaran lebih lanjut dan mendalam adalah, bagaimana dengan budget yang tersedia, bisa memperoleh berlian dengan kualitas maksimal.

Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, ada baiknya Anda membaca dulu artikel mengenai 4C Berlian, Cut, Carat, Color dan Clarity, sehingga Anda bisa mengerti bagaimana cara menilai dan mengevaluasi kualitas berlian, khususnya cara melakukan evaluasi dan penilaian terhadap cut berlian.

Di sertifikat berlian yang dikeluarkan oleh lembaga pemerisa berlian, baik yang dikeluarkan oleh GIA maupun lembaga pemeriksa berlian lainnya, 4C Berlian tertulis dengan sangat jelas. Tetapi, dengan berpegangan hanya pada sertifikat itu saja tidak bisa menggambarkan keindahan fisik berlian tersebut secara penuh dan utuh, tanpa melakukan analisa lebih lanjut lagi.

tip memilih cincin kawin berlian

 

Rangkaian Artikel Tips Memilih Berlian

Topik pembahasan ini, terdiri dari beberapa rangkaian artikel. Silahkan dbaca satu per satu artikel tersebut secara berurutan. Dan semoga, setelah membaca rangkaian artikel ini, bisa memberikan gambaran secara utuh, apa yang harus Anda ketahui dan pelajari sebelum membeli berlian.

Kita mulai dari artikel pertama, Menilai Kualitas Cut Berlian.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.