Sertifikat Berlian


Setelah membaca artikel artikel sebelumnya, sekarang Anda pasti sudah mempunyai gambaran, bagaimana berlian dinilai dan dihargai berdasarkan kombinasi kualitas 4C nya. Jika seorang pramuniaga toko menunjukan ke Anda dan mengatakan bahwa berlian tersebut mempunyai grade color F dan grade clarity SI-1, bagaimana Anda mengetahui bahwa berlian tersebut adalah benar benar memiliki grade color F dan grade clarity SI-1? Apakah mungkin sebenarnya grade colornya adalah H dan grade clarity nya adalah I-1 ? Disinilah sertifikat berlian mempunyai peran sebagai panduan memilih berlian.

sertifikat berlian GIA

Sertifkat Berlian GIA

 

Bukan hal yang mudah untuk membedakan perbedaan grade warna dan grade kejernihan berlian. Dan faktanya adalah, hampir 99% calon pembeli berlian tidak memiliki keahlian untuk menilai kualitas berlian. Dan yang lebih penting, apakah kita bisa percaya begitu saja dengan apa yang disampaikan oleh pramuniaga tersebut ?

Related: Tips Memilih Color Berlian

Dengan tegas bisa dikatakan, “Jangan pernah percaya 100% dengan apa yang disampaikan oleh pramuniaga kecuali Anda benar benar yakin dan tahu apa yang disampaikannya tersebut adalah benar”.

Itulah sebabnya Anda harus percaya kepada pihak ketiga yang netral, dalam hal ini adalah lab pemeringkat kualitas berlian yang terpercaya reputasinya, untuk memberikan opini yang tidak bias dan bisa memberikan laporan yang akurat mengenai kualitas berlian tersebut. Dua lab berlian yang dipercaya kredibilitasnya dan penilaiannya terhadap kualitas berlian diterima secara luas adalah GIA dan AGS.

Ada hal yang perlu dijelaskan mengenai sertifikat berlian ini. Istilah yang sering kita baca atau kita dengar dari toko perhiasan adalah sertifikat berlian atau jual berlian dengan sertifikat berlian GIA. Secara teknis bisa dikatakan bahwa laboratorium pemerika kualitas berlian tidak mensertifikasi apapun. Yang GIA atau AGS lakukan adalah memberikan laporan mengenai karakteristik berlian berdasarkan kriteria yang mereka tetapkan.

Mesikipun secara teknis, istilah sertifikat berlian kurang pas untuk menyebut laporan grade berlian atau grading report, tetapi penyebutan istilah tersebut sudah menjadi kebiasaan dan diterima secara luas oleh industri dan konsumen berlian.

Kelebihan yang didapat jika membeli berlian yang dilampiri Sertifikat Berlian GIA

  1. Kita akan mengetahui, berlian yang dibeli adalah berlian asli yang dihasilkan alam, bukan berlian sintetis yang diproduksi di laboratorium.
  2. Dapat mendeteksi jika berlian telah mendapatkan perlakuan khusus (enhancement processes), seperti misalnya HPHT untuk menjernihkan berlian, pengeboran laser untuk menghilangkan kotoran ikutan, ataupun pengisian retakan dengan zat kimia tertentu. Dan semua dinyatakan dengan jelas dalam sertifikat berlian yang dikeluarkan oleh GIA.
  3. Memberikan rasa percaya dan keyakinan ketika membeli berlian (tidak melakukan kekeliruan dalam menilai kualitas berlian) dan ada nilai tambah tersendiri ketika berlian sudah mendapat sertifikasi atau grading report dari GIA.

 

Tapi Saya Bisa Berhemat Ketika Membeli Berlian Tanpa Sertifikat

Benarkah begitu ?

Jika Anda sering berkunjung ke toko perhiasan, mungkin Anda pernah mendengar pemilik toko atau pramuniaganya mengatakan bahwa tidak perlu membeli berlian yang ada sertifikatnya, dengan alasan bahwa sertifikat berlian akan menambah biaya dan menyebabkan harga berlian bertambah mahal. Dan sering kali ditambahi dengan kata kata, “Yang Anda beli berlian kan, bukan selembar kertas sertifikat? Bukankah Anda akan menghemat beberapa juta rupiah jika membeli berlian tanpa sertifikat?”.

Hati hati dengan pemilik toko atau pramuniaga yang berkata seperti itu ke Anda.

Kita hitung, berapa biaya membuat sertifikat berlian GIA atau grading report, yang harus dikeluarkan oleh pemilik berlian jika ingin mensertifikatkan berlian yang dimiliki.

Gambar di bawah menjelaskan biaya membuat sertifikat berlian yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat GIA.

Informasi mengenai biaya membuat sertifikat berlian, dapat Anda download sendiri di website GIA.

 

biaya membuat sertifikat berlian gia

Biaya Membuat Sertifikat Barlian GIA

 

biaya pembuatan inskripsi laser gia

Biaya pembuatan inskripsi laser GIA

 

Tertera dengan jelas bahwa biaya membuat sertifikat berlian GIA dengan berat berlian 1.00 – 1.49 carat adalah USD 105, dan lebih murah untuk ukuran carat berlian yang lebih kecil. Untuk pembuatan inskripsi laser, berlian yang sama, biayanya USD 15. (Daftar harga sertifikasi berlian bulan April 2016, saat artikel ini dibuat).

Lalu mengapa pemilik toko perhiasan tidak membuat sertifikat berlian yang dimiliki? Yang padahal bila hal tersebut dilakukan, harga berlian bisa dinaikan beberapa puluh juta rupiah lagi, untuk menutup biaya sertifikasi dan nilai tambah karena berlian yang dijual memang benar benar sesuai dengan kualitas yang disebutkan. Yang menjadi pertanyaan, kenapa ada potensi keuntungan yang lebih besar tetapi malah tidak dilakukan ?

Jawabannya mungkin, berlian yang ditawarkan ke Anda, kualitasnya tidak seperti yang dikatakan. Alasan kedua. Jika berlian memiliki sertifikat dari GIA, standar harga berlian tersebut bisa diketahui dengan mudah. Anda tinggal membandingkan dengan toko berlian online, maka berlian dengan kualitas seperti yang tertera dalam sertifikatnya dapat Anda ketahui. (baca artikel Cara Mengetahui Harga Berlian Online )

Jika berlian dijual tanpa sertifikat, bisa saja berlian dikatakan mempunyai kualitas yang lebih tinggi dari seharusnya dan toko perhiasan bisa menjual ke Anda dengan harga yang lebih mahal. Lebih tinggi dari harga standar jika ada sertifikatnya.

Ada juga teknik lainnya yang sering dilakukan oleh toko perhiasan. Beberapa toko perhiasan mengklaim bahwa berlian yang ditawarkan telah di grade oleh ahli yang memiliki sertifikat appraisal dari GIA. Hati hati dengan pernyataan seperti itu. Sertifikat yang dimaksud oleh toko perhiasan tersebut adalah sertifikat yang dibuat oleh seseorang yang lulus dari pendidikan sebagai appraisal yang diselenggarakan oleh GIA. Tetapi hal tersebut tidaklah sama dengan sertifikat berlian yang dikeluarkan oleh laboratorium penelitian berlian GIA.

Meningkatkan kualitas berlian dengan mengeluarkan sertifikat in-house (dibuat oleh appraisal yang bekerja di toko tersebut) atau sertifikat dari lembaga yang tidak kredibel, adalah hal yang lazim dilakukan oleh toko perhiasan yang tidak memiliki etika perdagangan yang baik. Toko perhiasan seperti itu, biasanya mendapat keuntungan dari konsumen yang tidak mengerti mengenai cara meniliai kualitas berlian dan tidak mau belajar dan membekali diri dengan pengetahuan dasar mengenai kualitas berlian, sebelum membeli berlian. (Baca artikel mengenai Cara Membaca Sertifikat Berlian GIA)

Tapi tidak semua toko perhiasan melakukan hal hal yang tidak etis seperti dijelaskan diatas.

Yang jelas, bekali diri Anda dengan sebanyak mungkin pengetahuan mengenai cara menilai kualitas berlian saat memilih berlian. Luangkan dahulu waktu beberapa lama untuk belajar dan banyak membaca referensi sebelum memutuskan untuk membeli berlian.

Jika budget Anda berlebih dan Anda sangat menjunjung tinggi prestise, membeli berlian di toko perhiasan terkenal seperti Tiffany atau DeBeers adalah salah satu pilihan yang paling aman. Anda tidak mungkin tertipu dengan kualitas berlian yang dibawah standard. Tetapi jangan lupa, harganya juga pasti akan mahal.

Tetapi jika Anda lebih senang untuk berburu berlian, mendapatkan berlian dengan kualitas terbaik tapi harga paling murah, maka belajar dan banyak membaca referensi adalah kunci utama untuk keberhasilan Anda.

Selamat belajar, selamat membaca dan berlatih berburu berlian. Dan jangan lupa, 4C Berlian adalah hal utama dalam menilai kualitas berlian. Dan sekarang di tambah satu C lagi, yaitu Certificate atau Sertifikat Berlian.

 

 

Lanjut ke Cara Membaca Sertifikat Berlian GIA

 

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.