Proses Terbentuknya Berlian


berlian mentah hasil dari proses terbentuknya berlian

Berlian mentah

Proses terbentuknya berlian memerlukan temperatur dan tekanan yang sangat tinggi, serta membutuhkan waktu ribuan bahkan jutaan tahun untuk membentuk kristas kristal berlian. Hal tersebut menyebabkan berlian menjadi sangat berbeda bila dibandingkan dengan seluruh mineral yang ada di alam, dengan cara memperhatikan karakteristik komposisi kimia dan struktur kristalnya.

Berlian adalah satu-satunya batu permata yang terbuat dari satu unsur saja, yaitu Carbon. Kurang lebih 99.95% unsur yang terkandung dalam berlian adalah carbon. Sedangkan yang 0.05% adalah unsur ikutan yang terbawa masuk ke dalam berlian selama proses terbentuknya batu berlian, dan secara kimiawi atom-atom unsur ikutan tersebut tidak masuk kedalam ikatan kimia berlian. Beberapa unsur ikutan tersebut dapat mempengaruhi warna berlian dan bentuk kristal batu berlian.

 

Related: Berlian Hope

Bagaimana Proses Terbentuknya Berlian ?

Berlian terbentuk jauh di kedalaman bumi, kurang lebih 150 km di bawah permukaan. Dan yang pasti, temperatur pada kedalaman tersebut sangat panas. Juga tekanan yang sangat tinggi. Tekanan tersebut berasal dari seluruh berat batuan dan tanah yang ada diatasnya. Kombinasi antara temperatur yang sangat panas dan tekanan yang sangat tinggi, adalah kondisi yang diperlukan untuk membentuk kristal kristal berlian. Sejauh itulah ilmu pengetahuan dapat menjelaskan, bagaimana proses terbentuknya berlian dan kondisi apa yang diperlukan agar berlian terbentuk. Secara teoritis demikian, karena yang jelas, ilmuwan tidak bisa melakukan pengamatan di lokasi tempat proses terbentuknya berlian, dan teknologi belum memungkinkan kita mengebor hingga di kedalaman tersebut.

 

Bagaimana Berlian Bisa Sampai ke Permukaan Bumi ?

Berlian yang dapat kita temukan di permukaan bumi, adalah bagian yang ikut terbawa saat terjadi letusan vulkanis yang sangat dahsyat. Bukan jenis letusan vulkanik yang biasa kita lihat di televisi pada saat ada peristiwa gunung meletus, tetapi letusan vulkanik yang berasal dari kedalaman bumi, letusan yang sangat besar. Letusan vulkanik jenis ini terjadi ketika bumi masih dalam tahap awal terbentuknya dan masih panas. Diperkirakan terjadi sekitar satu sampai dua milyar tahun yang lalu, bahkan bisa lebih dari itu. Letusan yang maha dahsyat tersebut, membawa serta batuan berlian yang sudah terbentuk sebelumnya, ke permukaan bumi. Ketika magma berhasil mencapai permukaan, akan membentuk gundukan material vulkanik, yang dengan perlahan mendingin, dan berlian yang ikut terbawa ke permukaan, terkubur didalamnya. Jenis letusan vulkanis yang dahsyat tersebut, dinamakan “Kimberlite“.

letusan vulkanis kimberlit membawa hasil proses terbentuknya berlian ke permukaan bumi

Letusan vulkanis Kimberlite

Satu hal yang diketahui oleh ilmuwan, jika batu berlian tersebut memang terbawa oleh letusan vulkanis yang dahsyat, dan berhasil mencapai ke permukaan bumi, maka proses tersebut harus berjalan dengan waktu yang tepat. Karena jika perjalanan berlian tersebut terlalu cepat atau terlalu lambat, secara teori, dalam perjalanan ke permukaan batuan berlian tersebut akan berubah menjadi graphite (batuan lunak untuk dibuat pensil). Karena kecepatan yang pas tadi, struktur kristal kristal berlian terkunci dan tidak bisa berubah bentuk. Perubahan suhu yang terjadi harus cepat, dari suhu tinggi ke suhu yang rendah. Cepat disini, harus terjadi dalam hitungan beberapa jam saja. Dari perhitungan yang dilakukan para ilmuwan, kecepatan erupsi yang membawa berlian kepermukaan bumi, mempunyai kecepatan sekitar 30-45 km per jam. Dari tempat terbentuknya berlian, kurang lebih sedalam 150 km, maka diperlukan waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk sampai ke permukaan.

 

Apa Peran Karbon Dalam Proses Terbentuknya Berlian ?

Berlian terbuat hanya dari karbon. Karena suhu dan tekanan yang ekstra tinggi, atom atom karbon akan terikat satu dengan lainnya, dan dari ikatan tersebut, terbentuk kristal berlian. Karena suhu dan tekanan tinggi tadi, jenis ikatan atom carbon yang terbentuk, sangat kuat. Masing masing karbon terikat dengan 4 atom karbon lainnya. Itulah sebabnya mengapa berlian menjadi materi yang sangat keras. Graphite juga terbuat dari karbon, tetapi mempunyai ikatan atom atom karbon yang berbeda dengan cara terikatnya atom atom berlian.

Yang masih menjadi pertanyaan para ilmuwan, dari mana asal carbon tadi ? Seberapa cepat ikatan karbon tadi terbentuk sehingga berubah menjadi kristal berlian ? Tetapi yang jelas, diperlukan sekelompok atom karbon yang tempatnya berdekatan, yang karena suhu dan tekanan yang tinggi, atom atom karbon tadi mulai terikat satu dengan yang lainnya, dan menarik atom atom carbon lain di sekitarnya. Demikianlah cara kristal terbentuk dan tumbuh membesar. Hal tersebut tejadi berulang dan terus menerus, hingga tumbuh membesar. Mulai dari level atom, membesar, bahkan sampai bisa terlihat oleh mata kita. Berlian yang kita lihat, tersusun dari milyaran atau bahkan trilliun atom karbon, yang saling terikat satu dengan lainnya, membentuk struktur kristal.

 

Berapa Lama Waktu Yang Diperlukan untuk Proses Terbentuknya Berlian ?

Sampai sekarang, belum diketahui dengan tepat, berapa lama waktu yang diperlukan untuk proses terbentuknya berlian di alam. Beberapa percobaan dilakukan untuk mengukur umur berlian. Di ambil satu berlian dan dari beberapa bagian diambil sample nya. Tapi percobaan tersebut tidak membuahkan hasil yang meyakinkan. Hal tersebut mungkin disebabkan, berlian terbentuk dalam jangka waktu yang tidak pasti, mungkin dalam hitungan hari, minggu, bulan atau bahkan jutaan tahun. Dan seperti kristal lainnya yang terbentuk secara alamiah, kristal berlian juga terbentuk bukan dalam proses yang berlangsung terus menerus. Pertama terbentuk, karena kondisi suhu dan tekanan yang memungkinkan, tetapi bisa saja proses tersebut terhenti karena kondisi alamnya juga berubah. Tekanan yang berkurang atau suhu yang mendingin atau mungkin juga ketersediaan sumber karbonnya. Berhentinya proses pembentukan kristal berlian tersebut bisa saja terjadi dalam jangka waktu jutaan atau bahkan ratusan juta tahun. Dan jika kondisi untuk terbentuknya batu berlian terpenuhi, proses tersebut berlangsung lagi. Hal tersebut yang menyulitkan ilmuwan untuk mengukur secara pasti, berapa lama proses terbentuknya berlian, karena di alam, tidak semua hal berlangsung secara terus menerus.

Saat ini, dengan kemajuan teknologi, berlian dapat diproduksi di laboratorium dan kondisi alam yang berupa suhu serta tekanan dapat disimulasikan. Tapi cara yang dilakukan di lab, tidaklah sama persis dengan cara berlian terbentuk di alam. Di lab, untuk proses pembentukan kristal berlian, ditambahkan beberapa katalis (zat atau materi tambahan untuk mempercepat proses). Beberapa campuran logam ditambahkan ke dalam proses pembentukan kristal berlian, tetapi campuran logam yang dipergunakan di lab tersebut, tidak ditemukan di berlian yang dihasilkan oleh alam.

 

Kalau Begitu, Berapa Umur Batu Berlian ?

Semua berlian, sepanjang yang diketahui, berumur sangat tua. Sebagian besar berlian, berada di bumi semenjak milyaran tahun yang lalu. Batuan tempat berlian ditemukan, kimberlite, berumur sekitar ratusan juta tahun sampai satu milyar tahun. Cara yang paling memungkinkan untuk mengetahui umur berlian adalah dengan meneliti zat ikutan atau materi ikutan yang ikut masuk dalam proses terbentuknya batu berlian. Tetapi berliannya sendiri, tidak dapat diteliti berapa umurnya. Dengan melakukan uji radioaktif partikel ikutan tersebut, bisa diperkirakan berapa umur berlian. Dari semua percobaan yang dilakukan, hasilnya merujuk pada umur yang sangat tua. Paling tidak sekitar ratusan juta tahun, tapi dalam banyak kasus, berumur lebih dari 1 milyar tahun. Sehingga para ahli berkesimpulan, bahwa berlian sudah terbentuk dan ada di bumi semenjak 1 milyar sampai 3 milyar tahun yang lalu, ketika umur bumi masih muda, dan suhunya jauh lebih panas bila dibandingkan dengan bumi yang kita tempati sekarang.

 

Sumber : Smithsonian – Diamonds Unearthed

 

Film Dokumenter : Bagaimana Proses Terbentuknya Berlian

 

Versi Pendek : Bagaimana Proses Terbentuknya Berlian

 

Proses Pengolahan Berlian – Dari Berlian Mentah Menjadi Berlian Yang Indah Kemilau

 

Artikel Terkait :

Jenis Berlian : Klasifkasi dan Pengelompokan Jenis Berlian

Berlian Berwarna : Unsur Kimia Penyebab Warna Pada Berlian

Pengolahan Berlian : Sejarah Pengolahan dan Perdagangan Berlian

 

Artikel Menari Lainnya :

Cincin Berlian : Berbagai artkel yang membahas mengenai cincin berlian

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.