Negara Penghasil Berlian Berwarna


Berikut adalah daftar negara penghasil berlian berwarna yang memasok hampir 90% permintaan dunia terhadap berlian berwarna.

 

Angola
Terkenal sebagai penghasil berlian putih kualitas rendah dan berlian berwarna pucat. Tapi masih bisa ditemukan juga berlian dengan warna kuning cerah dan coklat.

Related: Berlian Palsu


Australia

Mempunyai tambang berlian paling terkenal di dunia – The Argyle. Australia menjadi salah satu negara penghasil berlian berwarna setelah tambang berlian ini ditemukan tahun 1979. Dimiliki oleh perusahan tambang Rio Tinto, dan menguasai kurang lebih 90% share sebagai supplier berlian berwarna pink (merah muda). Lebih dari itu, berlian dari tambang ini terkenal di dunia karena kualitas berliannya dan warna yang kuat. Lelang berlian yang dilakukan tambang Argyle, yang dapat menjual kurang lebih 50 berlian setiap tahunnya, adalah asal dari beberapa berlian berwarna yang terkenal di dunia, warna Merah Muda, Ungu, Biru dan Merah, yang bisa laku jutaan dollar. Meskipun tambang ini terkenal karena menghasilkan berlian dengan warna yang langka, tetapi dari tambang ini juga dihasilkan berlian dengan warna Coklat Champagne.


Indonesia

Dari tambang berlian di Kalimantan, paling banyak ditemukan berlian dengan warna coklat dan kuning. Meskipun sangat jarang terjadi, tapi masih bisa ditemukan berlian dengan warna merah muda, biru atau hijau. Dari tambang di daerah Martapura inilah Indonesia juga masuk ke dalam daftar negara penghasil berlian berwarna di dunia.


Brazil

Mayoritas warna yang ditemukan di Brazil adalah Kuning dan Coklat. Berlian dari Brazil juga dikenal karena fluorescence yang kuat, yang memberikan nuansa warna kehijau hijauan. Menariknya, dari banyaknya temuan berlian dengan grade rendah, Brazil juga dikenal sebagai penghasil berlian warna merah yang sangat langka, biru, hijau dan merah muda.


Afrika Tengah

Relatif memiliki porsi yang kecil sebagai penghasil berlian berwarna. Warna hitam natural dan kuning adalah warna yang paling banyak diketemukan. Sangat jarang tapi masih bisa ditemukan adalah berlian warna merah muda, biru dan hijau.


Republik Demokratik Kongo

Kongo adalah penghasil berlian dunia yang besar. Tapi mayoritas hasil produksinya, kurang lebih 80%, adalah berlian dengan grade untuk industri (bukan untuk perhiasan). Berlian berwarna jarang ditemukan, dan jika ditemukan, kebanyakan mempunyai warna kuning, oranye dan coklat cognac, atau kombinasi warna kuning dan oranye.


Sierra Leone

Industri pertambangan menyumbang pendapatan terbesar bagi Sierra Leone. Hasil ekspor berliannya menyumbang sekitar 46% dari total ekspor negara tersebut. Menurut Wikipedia, tahun 2009, pemerintah Sierra Leone mencatatkan ekspor berlian sebesar total 400.480 carat. Dimana 143.620 carat adalah berlian grade industri, dan 256.860 carat, berlian dengan grade batu permata. Batu berlian berwana kuning yang ditemukan di tambang berlian Zimmi tergolong sangat langka dan dibuatkan nama khusus karena keunikannya, berlian warna kuning Zimmi. Warna kuningnya sedemikian kuat, sehingga apabila dijajarkan dengan berlian warna kuning dari tambang lainnya, berlian dari tambang lain tersebut menjadi terlihat pucat. Harga berlian warna Kuning Zimmi dihargai 1.5 sampai 2 kali lipat dari harga berlian warna kuning lainnya.


Afrika Selatan

Negara ini memiliki beberapa tambang berlian yang terkenal, terutama tambang yang menghasilkan batu berlian berwarna. Tambang berlian yang paling terkenal bernama Premier, yang dibeli oleh perusahaan tambang Petra Diamonds dan nama tambang tersebut dirubah menjadi Cullinan, setelah ditemukannya berlian paling terkenal di dunia, The Cullinan. Banyak berlian terkenal yang dihasilkan tambang ini, kebanyakan warna biru dan juga warna putih dengan ukuran besar. Tambang Cullinan dikenal sebagai penghasil berlian warna biru dengan kualitas sangat tinggi.


India

Negara ini dikenal sebagai pemain utama dalam industri batu berlian, tapi sangat sedikit memiliki tambang berlian dan jarang ditemukan berlian. Tetapi, 2 berlian yang masuk dalam daftar berlian paling terkenal di dunia, ditemukan di India. Berlian Hope dan berlian Koh I Noor.

 

Tabel 1 – Negara Penghasil Berlian Berwarna

Warna Berlian Negara
Hitam Afrika Tengah
Biru Australia (Argyle), Kalimantan, Brazil, Afrika Tengah (jarang), Afrika Selatan, India
Coklat Australia (Argyle), Angola, Kalimantan, Brazil, Kongo
Hijau Kalimantan, Afrika Tengah (jarang)
Orange Kongo
Merah Muda Tambang Argyle di Australia, Kalimantan, Brazil, Afrika Tengah (jarang)
Ungu Sybir, Argyle
Merah Argyle, Brazil
Kuning Angola, Brazil, Kalimantan, Afrika Tengah, Kongo, Sierra Leone

 

peta negara penghasil berlian berwarna di dunia

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.