Menilai Kualitas Cut Berlian


Menilai Kualitas Cut Berlian dengan Alat Bantu

Cut berlian, sejauh ini merupakan faktor paling dominan dalam menentukan keindahan berlian. Semakin bagus kualitas cut-nya, semakin bagus pula kecermelangan dan kerlap kerlip sebuah berlian. Jika berlian mentah dipotong dan dibentuk terlalu tinggi atau terlalu pendek, sinar yang masuk melalui sisi atas berlian akan dipantulkan ke sisi samping atau bawah berlian. Hal tersebut meyebabkan berlian sering kali tampak terlihat redup dan tidak bercahaya. Itulah mengapa, sebelum membeli berlian, kita harus mengerti benar bagaimana cara menilai kualitas cut berlian yang bagus.

 

proporsi cut berlian berpengaruh terhadap kualitas cut berlian

Related: Berlian Hearts and Arrows

 

Cut Adalah Syarat Utama Dalam Memilih Berlian

Grade cut berlian adalah hasil dari penilaian terhadap proporsi dan finishing berlian. Dalam laporan hasil penilaian tersebut, yang tercantum dalam sertifikat berlian, adalah hasil dari rating 2 aspek tersebut, proporsi dan finishing.

Banyak orang mengira, bahwa dengan memilih berlian yang memiliki cut grade, kualitas pemolesan dan kesimetrisan yang excellent (3 hal yang tercantum di Sertifikat Berlian GIA), otomatis akan memperoleh berlian dengan kualitas yang excellent juga. Disinilah kebanyakan calon konsumen melakukan kesalahan. Meskipun dengan sistem grading yang dihasilkan dari standard GIA menghasilkan penilaian yang bagus mengenai kecermelangan berlian, tetapi laporan GIA yang tertulis di sertifikat juga memungkinkan adanya range proporsi yang lebar pada cut dan kesimetrisan-nya.

Hal ini mempunyai arti bahwa 2 berlian dengan rating atau grade yang sama dari GIA, belum tentu mempunyai penampilan dan performa yang sama. Perbedaan tipis dalam proporsi cut berlian, pas tidaknya pertemuan sisi-sisi facet berlian akan mempengaruhi kemampuan berlian memantulkan dan membiaskan cahaya. Untuk membantu memilih, berlian mana yang mempunyai performa dan penampilan lebih bagus, kita harus mendalami lagi hasil grade yang ada di sertifikat berlian dan melakukan analisa lebih lanjut.

 

Holloway Cut Advisor Sebagai Alat Bantu Mensortir Pilihan Berlian

Sebelum memanfaatkan alat bantu ini, harap dicamkan bahwa angka yang dihasilkan Holloway Cut Advisor (sering disingkat dengan HCA) dan cut grade berlian, hanya mengindikasikan hasil pemeriksaan terhadap berlian tersebut, bukan sesuatu yang 100% menunjukan kualitas berlian, dan gunakan hasil HCA sebagai panduan (guideline) saja. Karena, jika kita melakukan uji HCA terhadap 2 berlian dengan proporsi yang hampir sama, dan menghasilkan angka yang hampir sama juga, tetapi dalam kenyataan, 2 berlian tersebut bisa saja mempunyai performa yang berbeda.

Catatan : HCA dibuat kurang lebih 15 tahun yang lalu, dimana teknologi video dan foto digital resolusi tinggi belum ada. Saat ini, jangan pernah mengambil keputusan untuk membeli berlian hanya berdasarkan hasil HCA saja.

Menurut para praktisi berlian, HCA bisa digunakan hanya sebagai alat bantu untuk mensortir pilihan berlian. Berlian dengan score HCA di atas 2.0 layak untuk disingkirkan dari pilihan, sedangkan berlian dengan score HCA dibawah 2.0 lolos dari sortir pertama dan perlu dilanjutkan dengan analisa berikutnya. Jadi sekali lagi perlu diingat, bahwa HCA adalah alat bantu untuk mensortir berlian, bukan alat bantu untuk memilih berlian.

Sebagai contoh, jika kita mencari data berlian secara online, seperti dijelaskan dalam artikel Panduan Cara Mengetahui Harga Berlian, lalu dari pencarian tersebut menghasilkan 6 berlian dengan kriteria yang sesuai dengan yang dicari. Data dari 6 berlian tersebut kemudian kita masukan ke HCA. Berlian dengan score diatas 2.0 kita sortir dan berlian dengan score dibawah 2.0 kita analisa lebih lanjut lagi.

Untuk menggunakan HCA, dapat mengunjungi website Holloway Cut Advisor.

 

Ideal Scope, Alat Untuk Menilai Kualitas Cut Berlian dan Simetris Berlian

Masalah yang paling sering dijumpai saat seseorang hendak membeli berlian adalah, “Saya bukan seorang ahli permata atau ahli berlian. Bagaimana saya bisa mengetahui bahwa sebuah berlian mempunyai kualitas cut yang bagus?”

Masalah tersebut diperparah ketika berlian diamati dibawah pencahayaan yang kuat di toko perhiasan. Bisa Anda perhatikan, toko berlian atau toko perhiasan memiliki sistem pencahayaan yang diatur sedemikian rupa sehingga membuat produk yang dijual terlihat bisa lebih bagus dan berkilau. Dan sering kali konsumen tidak menyadari kondisi tersebut, sehingga berlian dengan kualitas cut yang jelek pun akan terlihat cemerlang dan berkerlap kerlip. Dan untuk mata yang tidak terlatih, akan sulit untuk memebedakan mana berlian yang mempunyai cut bagus dan mana yang mempunyai cut jelek. Hal tersebut adalah penyebab utama, berlian kehilangan kecermelangan-nya saat dilihat di luar toko perhiasan.

Jika Anda ingin membeli berlian di toko perhiasan lokal, sangat direkomendasikan untuk membeli Ideal Scope dan membawa ke toko perhiasan untuk evaluasi kualitas cut berlian saat hendak memilih berlian. Dengan menggunakan Ideal Scope akan mempermudah kita untuk memilih atau menyingkirkan berbagai pilihan berlian berdasarkan atas kemampuan optis berlian tersebut. Dibandingkan dengan harga berlian, harga Ideal Scope sangat sangat murah, dan sangat bermanfaat untuk melindungi investasi yang lebih besar, yaitu menghindari kesalahan dalam memilih berlian.

Pada saat artikel ini ditulis (April 2016), harga Ideal Scope USD 60, dan dapat dibeli di website Idealscope.

ideal scope alat untuk menilai kualitas cut berlian dan simetris cut berlian

Bentuk Ideal Scope, alat untuk menilai kualitas cut berlian

Ideal Scope merupakan alat yang sederhana, terdiri dari reflektor dengan warna cerah, lobang untuk mengamati berlian dan lensa pembesar. Fungsi Ideal Scope  adalah untuk menilai kecermelangan berlian, dimana kecermelangan tersebut dipengaruhi oleh cahaya yang dipantulkan lagi melalui sisi table berlian atau sisi atas berlian, kebocoran cahaya melalui sisi samping atau bawah berlian, dan kekontrasan cahaya, yang mengindikasikan seberapa bagus berlian mampu untuk berkerlap kerlip ketika digerak gerakan.

Ideal Scope juga bisa dipergunakan atau difungsikan sebagai alat untuk melihat kesimetrisan berlian. Bahkan untuk pengguna yang sering menggunakan Idealscope, bisa juga memprediksi kemampuan berlian membiaskan cahaya sehingga muncul warna pelangi.

Hampir bisa dipastikan, ketika Anda berkunjung ke toko berlian, alat ini tidak akan ditemukan atau ditawarkan oleh pemilik toko atau oleh pramuniaga untuk memeriksa berlian yang dijual. Karena dengan menggunakan Ideal Scope, karakteristik dan kualitas cut berlian akan menjadi sangat jelas terbaca dan objective. Karena kualitas cut berlian yang banyak dijual di pasar, atau bahkan bisa dikatakan hampir sebagian besar berlian yang berada di pasar, mempunyai kualitas cut yang menyedihkan, maka jika menggunakan alat ini, besar kemungkinan Anda tidak jadi membeli berlian yang ada di inventory toko tersebut.

Tapi jika Anda ingin membeli berlian secara online, Anda tidak perlu membeli Ideal Scope, karena di toko berlian online yang terpercaya dan bonafide, akan memberikan hasil fotografi Ideal Scope berlian yang Anda pilih, dalam jangka beberapa hari kerja saja.

 

Hasil pengamatan menggunakan Ideal Scope, alat untuk menilai kualitas cut berlian

hasil pengamatan kualitas cut berlian menggunakan ideal scope

Hasil Pengamatan Dengan Menggunakan Ideal Scope

Warna putih disisi gambar sebelah kiri, menunjukkan adanya kebocoran cahaya. Artinya, sinar yang masuk melalui sisi table berlian, ada sebagian yang keluar melalui sisi-sisi facet berlian dibagian bawah girdle.

 

hasil pengamatan kualitas berlian menggunakan ideal scope - proporsi cut berlian

Pengaruh proporsi cut berlian terhadap kemampuan memantulkan cahaya jika diamati dengan menggunakan Ideal Scope

 

Lanjut ke Tips Memilih Carat Berlian

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.