Kualitas Warna Berlian


Warna berlian merujuk kepada warna alamiah berlian secara keseluruhan dan bukan warna yang dihasilkan dari bias atau pantulan sinar ketika berlian digerak gerakan.

Mayoritas berlian secara alamiah mempunyai sedikit warna kuning, coklat atau abu2. Warna tersebut disebabkan oleh masuknya unsur Nitrogen dalam proses pembentukan berlian. Semakin sedikit campuran warna dalam sebuah berlian, semakin langka dan semakin bernilai harga berlian tersebut. Setelah proses pemotongan dan pembentukan berlian, warna berlian menjadi faktor yang penting dalam pemilihan sebuah berlian. Untuk batu berlian dengan warna fancy, dibahas secara khusus di artikel yang berhubungan dengan Berlian Berwarna.

Semakin sedikit campuran warna dalam sebuah berlian, semakin banyak sinar yang bisa masuk kedalamnya, yang mengakibatkan semakin cemerlang dan semakin banyak sebaran warna yang dipantulkan ketika berlian disinari oleh cahaya. Berlian mempunyai karakteristik seperti kaca prisma, yang memecah warna putih menjadi warna pelangi dan memantulkannya lagi. Dan warna yang masuk kedalam berlian, yang disebabkan oleh masuknya unsur Nitrogen tadi, mengurangi kemampuan berlian untuk memantulkan cahaya.

Related: 4C Berlian | Cara Menilai Kualitas Berlian

Berikut adalah skala warna berlian yang disepakati dalam perdagangan berlian, (dibuat oleh lembaga pemeriksa berlian GIA), dimulai dari D untuk berlian tanpa warna (grade paling tinggi) dan Z untuk berlian dengan warna dominan.

 

Pengelompokan Kualitas Warna Berlian

Pengelompokan kualitas berlian berdasarkan kualitas warna berlian

 

 

Carat | Cut | Color | Clarity

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.