Kualitas Cut Berlian


Cut berlian tidak hanya mengacu pada bentuknya saja, tetapi juga memperhatikan aspek keseimbangan antara proporsi, kesimetrisan bentuk, dan pemolesannya. Perencanaan yang matang dalam proses memotong dan membentuk berlian akan sangat berpengaruh atas hasil akhir dan keindahan berlian tersebut. Dengan kualitas cut berlian yang bagus, berlian akan mampu memantulkan dan membiaskan cahaya dengan lebih baik, sehingga akan meningkatkan kualtas berlian secara keseluruhan.

anatomi cut berlianDengan memahami bagaimana cahaya bergerak dan masuk kedalam kristal-kristal sebutir berlian, perusahaan pemotongan berlian telah dapat menentukan serangkaian proporsi dan sudut dalam proses pemotongan batu berlian dan pemolesannya untuk menghasilkan berlian yang mampu merefleksikan dan membiaskan cahaya, sehingga menghasilkan sebutir berlian yang bisa bergemerlap indah bila terkena sinar atau cahaya.

 

Related: Kualitas Clarity Berlian

Cara Menilai Kualitas Cut Berlian

Pada dasarnya dilandasi atas tiga jenis pantulan cahaya :

Brilliance (Kecermelangan atau kecerahan)
Sinar putih yang dipantulkan kembali oleh berlian ke mata. Ketika cahaya masuk ke sebutir berlian melalui bagian atas (table), lalu dispektrumkan menjadi warna pelangi oleh bagian table tersebut. Di bagian dalam berlian, oleh kristal kristal berlian, cahaya pelangi tersebut dipantulkan lagi keluar melalui sisi atas (table), menjadi cahaya dengan warna putih.

Dispersion / Fire (penyebaran warna)
Warna pelangi yang direfleksikan kembali oleh berlian ke mata. Ketika cahaya masuk ke sebutir berlian melalui bagian atas (table), lalu dispektrumkan menjadi warna pelangi oleh bagian table tersebut. Di bagian dalam berlian, oleh kristal kristal berlian, cahaya pelangi tersebut dipantulkan lagi keluar melalui sisi mahkota. Ketika cahaya keluar dari bagian mahkota dan mencapai mata, masih terpisahkan dalam bentuk warna pelangi.

Scintillation (Kilau)
Kilau adalah semburat sinar yang Anda lihat apabila sebutir berlian digerak gerakan. Kemampuan untuk memantulkan dan membiaskan cahaya ke berbagai arah menjadi salah satu acuan dalam menilai kualitas berlian.

 

kualitas cut berlian yang tercermin pada fire, scintillation dan brilliance berlian

Fire, Scintillatioan dan Brilliance pada berlian

 

proporsi persentase cut berlian berpengaruh terhadap kualitas cut berlian

Proporsi persentase lebar table dengan depth berlian

 

Cara pemotongan batu berlian menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap hasil akhir produk berlian. Dengan carat yang sama, berlian yang dipotong atau dibentuk dengan baik dan benar, sering kali terlihat lebih besar daripada berlian dengan cara potong yang kurang pas, dan tentu saja memiliki kecermelangan dan warna yang lebih baik dari pada yang kurang pas memotongnya. Dan diantara 4C Berlian, Cut Berlian (pemotongan), adalah faktor yang paling rumit dan secara teknis sangat sulit untuk dianalisa.

Kualitas cut berlian ditentukan oleh seberapa baik simetris bentuknya, pemolesannya, dan proporsi jenis refleksi yang dihasilkan berlian (proporsi antara kecermelangan, penyebaran warna dan kilau). Ada beberapa faktor yang berpengaruh secara langsung terhadap kemampuan berlian merefleksikan sinar dengan baik. Proporsi Ukuran ‘table’ dan ‘depth’ sebuah berlian dibandingakan dengan diameternya mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan berlian memantulkan cahaya. Berlian yang dipotong dengan perencanaan yang bagus, maka jika berlian tersebut terkena cahaya, sebagian besar cahaya tersebut dapat dipantulkan lagi melalui bagian atas (table), dengan keseimbangan yang pas antara kecermelangan dan penyebaran warnanya. Sedangkan berlian yang kualitas pemotongannya jelek, pantulan sinar yang masuk, akan keluar lewat sisi bawah berlian. Hal tersebut akan menyebabkan berlian terlihat redup dan gelap.

Dari perhitungan matematis mengenai bagaimana sinar dipantulkan dan dibiaskan di dalam kristal kristal berlian, maka dapat diperoleh hasil, berapa proporsi cut berlian yang paling ideal untuk bentuk berlian brilliance round shape, agar bisa mendapatkan brilliance, fire / dispersion dan scintillation yang paling optimal.

proporsi kualitas cut berlian super excellent

proporsi kualitas cut berlian excellent bentuk berlian round shape

Persentase yang tertera di table, adalah perbandingan dengan diameter berlian pada bagian yang paling lebar / girdle.

 

Pengelompokan Kualitas Cut Berlian

Selain dari proporsi ukuran berlian, antara diameter berlian jika dibandingkan dengan table, tinggi berlian, tinggi mahkota ataupun tinggi pavillion, ada beberapa kriteria tambahan untuk menentukan kualitas cut berlian, apakah masuk ke dalam golongan cut berlian yang bagus dan sempurna atau masuk kedalam golongan kualitas cut berlian yang buruk. Beberapa kriteria untuk menentukan kualitas cut berlian, dapat disebutkan antara lain :

  1. Ketepatan Table atau Cullet pada poros berlian.
  2. Kesempurnaan bentuk Girdle, berbentuk bulat sempurna tidak.
  3. Ketepatan ujung ujung facet berlian bertemu di satu titik.
  4. Apakah ujung facet yang membentuk crown tepat bertemu dengan ujung facet yang membentuk pavillion.
  5. Bentuk table harus octagon.
  6. Kesamaan bentuk jenis facet yang menyusun sisi-sisi berlian.
  7. Table dan Girlde harus sejajar.
  8. Girdle lurus membentuk garis.
  9. Ada tidaknya cacat bawaan yang ada di bagian crown dan pavillion.
  10. Ada facet tambahan apa tidak.

Untuk lebih memperjelas maksud dari kriteria yang disebutkan diatas, gambar di bawah akan mempermudah apa yang dimaksud dengan kriteria tersebut.

 

faktor yang mempengaruhi kualitas cut berlian

 

Dengan mempergunakan berbagai kriteria seperti ditulis di atas, lembaga pemeriksa kualitas berlian kemudian menyederhanakan menjadi grade kualitas cut berlian yang mudah dipahami dan dimengerti oleh konsumen berlian. Berikut adalah skala kualitas cut berlian yang ditetapkan oleh GIA dan secara umum dipakai untuk menilai bagus tidaknya kualitas cut berlian.

 

Excellent – Very Good – Good – Fair – Poor

grade kualitas cut berlian GIA

 

 

Carat | Cut | Color | Clarity

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.