Jenis Berlian | Klasifikasi dan Pengelompokan Jenis Berlian


Pengelompokan atau klasifikasi jenis berlian adalah cara yang sederhana dan mudah, untuk membedakan berlian berdasarkan atas warna dan karakteristik fisik berlian. Hal ini sangat penting karena dapat membantu untuk membedakan proses pembentukan berlian tersebut, apakah termasuk dalam berlian asli (berlian yang terbentuk di alam), berlian buatan atau berlian sintetis, atau berlian yang pernah mendapatkan perlakuan khusus (treatment, seperti HPHT).

Berlian disusun murni hanya dari unsur karbon saja. Tetapi, dalam proses terbentuknya berlian di alam, seringkali ada zat ikutan yang masuk dalam proses tersebut, seperti Nitrogen atau Boron. Tetapi pada berlian sintetis, atau berlian yang dibuat di laboratorium, zat ikutan tersebut memang sengaja ditambahkan, untuk memperoleh efek warna pada berlian yang dihasilkan.

Baik berlian asli yang dihasilkan alam, maupun berlian buatan laboratorium, dalam proses pembentukannya juga mengalami ketidaksempurnaan dalam susunan kristal Carbon-nya. Bisa karena faktor adanya zat ikutan, atau bisa juga karena faktor tekanan dan temperatur.

Related: Berlian Archduke Joseph

Ketidaksempurnaan ini menjadi penting, karena hal ini menyebabkan terjadinya warna pada berlian dan ada tidaknya reaksi fluorescence. Ada tidaknya kerusakan pada sisi sisi kristal carbon, jumlah kerusakan tersebut, posisi dan pangaturan dalam kisi kisi kristal karbon, dapat mempengaruhi penampilan berlian jika sudah dibentuk dan dipoles.

Pada tahun 1930-an, untuk menjelaskan komposisi kimia berlian dan struktur atomnya, para ilmuwan pada awalnya membagi berlian menjadi 2 kelompok besar, yaitu Berlian Tipe I dan Berlian Tipe II. Tetapi saat ini, pengelompokan tersebut diperinci lagi, menjadi jenis Berlian Tipe Ia dan Berlian Tipe Ib, serta Berlian Tipe IIa dan Berlian Tipe IIb.

 

Klasifikasi Jenis Berlian

Berlian Tipe Ia

Berlian dengan tipe ini, mengandung atom atom Nitrogren yang berbentuk kelompok. Hampir 95% berlian asli yang terbentuk di alam masuk dalam klasifikasi berlian tipe Ia. Dan pada umumnya warnanya bervariasi, mulai dari putih bening dan jernih tanpa warna hingga ke berlian dengan warna kuning muda yang samar. Sering kali berlian jenis ini disebut dengan nama “Cape Diamond” atau “Berlian Cape”, merujuk pada nama tambang berlian yang terletak daerah Cape, Afrika Selatan, dimana banyak dihasilkan berlian tipe Ia ini.

Berlian Tipe Ib

Berlian dengan tipe ini, juga mengandung atom atom Nitrogen, tetapi lokasi atom atom nya menyebar secara merata dan tidak berkelompok. Berlian tipe Ib, seringkali mempunyai warna kuning cerah dan termasuk golongan berlian yang langka.

Berlian Tipe IIa

Berlian dengan tipe IIa, cenderung murni tersusun dari atom atom carbon saja. Sangat sedikit terdapat atom Nitrogen atau Boron yang ikut dalam proses pembentukannya. Berlian tipe IIa, biasanya tanpa warna, putih bening dan jernih, tapi bisa juga berwarna abu abu, coklat muda, kuning muda atau pink. Diantara semua tipe berlian, berlian tipe IIa adalah berlian yang paling murni kandungan karbonnya.

Berlian Tipe IIb

Berlian tipe ini, dikenal karena kemampuannya sebagi konduktor listrik. Penyebabnya adalah keberadaan atom atom unsur Boron, dan menyebabkan berlian tampak berwarna biru atau keabu-abuan.

 

klasifikasi jenis berlian

Klasifkasi Jenis Berlian

 

Pengetahuan mengenai klasifikasi jenis berlian sangat penting bagi para ahli, karena hal tersebut dapat membantu untuk menentukan apakah sebuah berlian asli dihasilkan alam atau berlian buatan laboratorium. Juga bisa menentukan apakah sebuah berlian pernah mendapatkan perlakuan khusus, misalnya HPHT, untuk menghilangkan warna yang tidak diinginkan dan menjadikan berlian tampak putih jernih dan bening, atau bahkan untuk menambah warna supaya menjadi lebih terang. Misal berlian dengan warna coklat muda dan samar, diberi perlakuan khusus hingga menjadi berlian dengan warna coklat terang.

Dan untuk mempelajari bagaimana menilai kualitas berlian, maka pengetahuan mengenai bagaimana cara mengelompokan atau melakukan klasifikasi jenis berlian menjadi hal yang penting untuk diketahui.

 

 

Comments

comments

ONE THOUGHTS ON “Jenis Berlian | Klasifikasi dan Pengelompokan Jenis Berlian”

  1. saya punya berlian lengkap surat hasil lipe 3 bijik untuk mau di jualkan ,,,,,


Leave a Reply

Your email address will not be published.