Harga Cincin Berlian | Faktor Yang Mempengaruhi Harga Cincin Berlian


Keputusan untuk membeli cincin berlian, tidak hanya sebagai bukti komitmen atau cinta Anda kepada pasangan, tetapi harus memperhatikan juga aspek biaya. Karena harga cincin berlian terus menerus menunjukkan trend peningkatan yang cukup signifikan, maka Anda harus memutuskan dengan tepat, model cincin berlian seperti apa yang hendak dibeli dan berapa anggaran yang tersedia untuk membeli cincin berlian tersebut, sebelum Anda mulai berkunjung dan melihat lihat model cincin yang ada di toko perhiasan.

 

Anggaran Rata Rata Untuk Membeli Cincin Berlian

harga cincin berlianHarga cincin berlian sangat bervariasi, tergantung dari berbagai faktor, seperti misalnya di mana kita membeli cincin tersebut, kualitas berlian yang dipakai sebagai permata utama, jenis dan bahan cincin berlian, dan lain-lain. Dari survey yang pernah dilakukan di Amerika Serikat, rata rata pasangan yang hendak membeli cincin berlian mengeluarkan dana kurang lebih sebesar USD 5,130 sampai USD 5,400 yang kalau kita konversikan dalam rupiah, menjadi sekitar Rp.69.000.000 sampai dengan Rp.73.000.000 dengan kurs sebesar Rp.13.500 per USD. Angka tersebut tentu saja bisa berfluktuasi menjadi diatasnya atau dibawahnya dengan berbagai alasan, dan seiring berjalannya waktu, angka tersebut juga mengalami peningkatan.

Related: Setting Cincin Berlian Bermata Satu atau Solitaire

Saat ini semakin banyak pasangan yang menikah di usia yang lebih tua bila dibandingkan dengan beberapa dekade yang lalu. Hal tersebut bisa diartikan bahwa banyak pasangan yang menikah setelah menyelesaikan jenjang pendidikan sarjananya, mulai bekerja dengan mendapatkan pendapatan yang lebih bagus. Sehingga ketika mereka merencanakan untuk menikah, lalu mulai mencari cincin berlian pernikahan, maka mereka mencari cincin dengan harga yang disesuaikan dengan penghasilannya. Hal lainnya, seperti desain terbaru, jumlah berlian yang dipasang di cincin dan pilihan bahan cincin, juga ikut mempengaruhi kenaikan harga cincin berlian.

 

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Cincin Berlian

Sebagai tambahan atas trend penyebab kenaikan harga cincin berlian seperti yang disebutkan diatas, faktor dibawah ini juga mempunyai peran yang siginifikan atas harga cincin berlian. Kualitas berlian yang didasarkan atas penilaian faktor 4C, mempunyai pengaruh paling besar terhadap harga.

  • Kualitas : Kualitas berlian adalah faktor yang paling menentukan keindahan sebuah cincin berlian, meskipun hal tersebut juga masih dipengaruhi oleh tingkat kerapian dan kehalusan pekerjaan pembuatan oleh pengrajin perhiasan, lalu jenis logam yang dijadikan bahan cincin dan aksen atau setting yang dipilih. Konsumen pada saat ini, relatif memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bagaimana cara menilai kualitas berlian, dan oleh sebab itu cenderung untuk memilih berlian dengan kualitas yang bagus dan otomatis pilihan tersebut akan mempengaruhi harganya.
  • Desain : Begitu banyak desain cincin berlian yang ditawarkan oleh perusahaan pembuat perhiasan, yang masing masing desain memiliki harga yang sangat bervariasi. Desain cincin dewasa ini cenderung untuk mempunyai ukuran yang lebih besar dengan berbagai variasinya, yang menyebabkan harga pembuatannya juga turut meningkat.
  • Carat Berlian: Carat adalah sistem pengukuran untuk menentukan berat berlian. Semakin besar carat, semakin berat berlian tersebut. Harga melonjak secara signifikan ketika berat carat berlian naik ke kelompok berat di atasnya. Sebagai contoh, berlian dengan berat 0.96 carat mempunyai harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan berlian dengan berat 1.00 carat, meskipun secara visual akan sulit membedakan diantara keduanya.
  • Kualitas Cut : Teknik pemotongan dan bentuk berlian juga ikut mempengaruhi harga berlian, tergantung tingkat kesulitan dan besar permintaan terhadap bentuk berlian tersebut. Bentuk berlian emerald atau princess adalah bentuk yang harganya relatif lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk berlian round, heart, pear atau oval. Bentuk berlian dengan lisensi khusus, seperti Hearts on Fire atau Asscher tentu saja memiliki harga yang lebih mahal lagi.
  • Toko Perhiasan : Ketika Anda memilih dimana akan membeli cincin berlian, maka pada saat itu, Anda juga sedang memilih berapa harga cincin yang hendak Anda beli. Toko perhiasan yang memiliki merk sendiri, desainer perhiasan atau toko perhiasan yang bisa melayani pembuatan cincin berlian secara khusus (custom), pasti harga cincin berlian yang ditawarkan relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan toko perhiasan yang menjual perhiasan dengan sistem produksi massal. Membeli berlian dalam bentuk butiran dan memesan sendiri desain cincinnya ditempat lain, adalah salah satu cara untuk menghemat pengeluaran ketika hendak membeli cincin berlian.
  • Desain Khusus : Cincin berlian dengan desain khusus mempunyai harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan desain cincin berlian yang dibuat secara massal. Tambahan ukiran atau gravir nama pada badan cincin juga akan menambah biaya pembuatannya.
  • Warna Berlian : Berlian dengan grade warna D atau berlian dengan warna paling bening adalah jenis berlian dengan harga paling mahal. Sedangkan berlian dengan tampilan agak berkabut, ada semburat warna tipis akan mengurangi grade warna nya, dan yang jelas akan menurunkan dengan drastis harganya. Dengan perlakuan khusus, saat ini berlian dapat dibuat menjadi lebih bening, yang tentu saja harganya relatif lebih murah bila dibandingkan dengan berlian yang memperoleh kebeningannya secara alami, atau asli dari alam. Untuk memberikan kesan lebih bersinar, Anda dapat memilih bahan cincin berlian yang terbuat dari emas putih atau platina dan dipadukan dengan berlian dengan grade warna yang agak rendah, seperti misalnya grade warna berlian H ke bawah. Tetapi terkadang, berlian berwarna memiliki harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis berlian dengan warna putih bening. Hal tersebut karena faktor kelangkaan berlian berwarna tersebut.
  • Kejernihan Berlian : Grade clarity atau kejernihan berlian adalah faktor yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga berlian. Semakin jernih dan tanpa ada cacat bawaan pada butiran berlian, maka akan semakin mahal juga harga berlian tersebut. Berlian dengan grade clarity paling tinggi FL (flawless) sangat langka ditemukan secara alami. Adanya sedikit cacat atau zat ikutan yang ada di berlian, akan menurunkan harga berlian tersebut, mesikipun akan sulit dilihat secara kasat mata.

 

Anggaran Membeli Cincin Berlian

Mitos yang paling sering didengar adalah harga cincin berlian yang paling sesuai dengan penghasilan adalah setara dengan 2 bulan gaji. Padahal dalam kenyataannya, harga sebuah cincin berlian seharusnya adalah harga yang dapat diterima atau dianggap layak oleh pasangan yang hendak membeli cincin berlian tersebut. Ada yang merasa layak dan cukup berarti, sehingga tidak apa apa jika menggantinya dengan angsuran selama satu dan mungkin senilai dengan 3 atau 4 bulan gaji. Atau mungkin juga ada pasangan yang sudah merasa puas dan senang dengan cincin pernikahan yang kecil tetapi sarat dengan makna dan kisah romantis dibelakangnya.

Bagi banyak pasangan, mendiskusikan anggaran membeli cincin berlian ini adalah hal pertama yang harus dilakukan. Hal ini karena erat hubungannya dengan perencanaan keuangan pasangan tersebut di tahun tahun mendatang dalam kehidupan mereka. Dan keputusan untuk membeli cincin berlian dengan harga yang mahal, seharusnya diputuskan dengan sangat hati hati dan bijaksana.

 

Kesimpulan

Harga cincin berlian bisa mulai dari puluhan juga hingga ratusan juta rupiah. Tetapi hal yang perlu diingat, membuktikan cinta dan kasih sayang terhadap pasangan tidak harus dinyatakan dengan membeli cincin berlian dengan harga yang mahal. Baik cincin berlian yang kecil maupun yang besar, yang paling penting adalah harganya yang layak dan seimbang bila dibandingan dengan penghasilan pasangan tersebut dan bisa menjadi cerminan atas komitmen yang di ikrarkan berdua.

Hal yang paling utama adalah komitmen dan cinta kasih terhadap pasangan, yang apabila bisa dinyatakan dengan kemilau indah berlian di jari manis pasangannya, akan memberikan kegembiraan dan rasa kebahagiaan tersendiri.

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.