Carat Berlian


Carat Berlian dapat didefinisikan sebagai satuan untuk mengukur berat sebuah batu berlian. Dalam satuan metrik, satu carat sama dengan 0.2 gram. Satu carat, dibagi lagi dalam satuan point. 1 carat sama dengan 100 point. Dengan pembagian menjadi 100 point ini, perhitungan berat batu berlian menjadi sangat presisi.

cara mengukur carat berlian

Perbandingan carat berlian dengan jari

Harga batu berlian meningkat secara eksponensial seiring dengan naiknya carat berlian. Hal tersebut dikarenakan batu berlian dengan ukuran besar, sangat sulit untuk ditemukan di alam. Sebagi contoh, dengan kondisi Cut, Clarity dan Color yang sama, 1 batu berlian dengan ukuran 1.00 carat dinilai lebih mahal dari pada 2 batu berlian dengan ukuran 0.50 carat.

Kaidah yang berlaku dalam perdagangan batu berlian dan sering kali bisa dijadikan taksiran. Jika carat berlian naik 2 kali, harganya akan naik kurang lebih 4 kali lipat, dengan kondisi Cut, Clarity dan Color yang sama.

Related: Kualitas Clarity Berlian

Harap dibedakan, antara Carat dengan Karat. Kalau Carat, adalah satuan untuk mengukur berat batu mulia dan permata, khususnya berlian. Seperti dijelaskan diatas, 1 Carat setara dengan 0.2 gram.

Sedangkan Karat, adalah satuan untuk mengukur kemurnian kandungan logam, khususnya logam mulia seperti emas dan perak. Emas 24 karat, berarti kandungan emasnya adalah 100%. Sedangkan emas 22 karat, kandungan emasnya adalah (22/24) x 100% = 91.6%. Yang 8.4% adalah campuran logam lainnya.

 

Berikut adalah skala berat carat berlian dibandingkan dengan besar berlian, yang diperoleh dari website GIA

 

 

Carat | CutColor | Clarity

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.