Cara Menentukan Harga Berlian


Cara menentukan harga berlian, sangat dipengaruhi oleh berat carat berlian. Harga berlian meningkat secara signifikan untuk kenaikan kategori berat. Dalam perdagangan berlian, berat berlian dikelompokan dalam “kategori berat” (contoh kategori berat, misal berlian dengan berat antara 0.50ct – 0.69ct, 0.70ct – 0.89ct, 0.90ct – 0.99ct, 1.00ct – 1.49ct, dst.)

Selain berat, peningkatan dalam grade warna dan grade kejernihan (color grade dan clarity grade) juga meningkatkan harga berlian, melebihi peningkatan harga jika grade pemotongan (cut grade) meningkat – yang padahal kenaikan grade warna dan kejernihan, mempunyai pengaruh sedikit terhadap keindahan berlian secara keseluruhan.

 

Related: Alur Perdagangan Berlian

Aturan dasar menentukan harga berlian

Dalam perdagangan berlian, ada aturan atau kesepakatan yang berlaku. Aturan yang paling dasar adalah semua berlian dihargai dengan satuan per carat. Kita ambil contoh: berlian dengan grade 4C tertentu, berat 0.50 ct mempunyai harga USD 1,400 per carat. Maka harga berlian tersebut adalah USD 1,400 x 0.50 ct = USD 700. Lalu aturan yang kedua, harga berlian per carat akan naik jika berat berlian tersebut naik ke “kategori berat” di atasnya.

Dengan demikian, harga berlian akan naik secara eksponensial seiring dengan naiknya berat berlian. Harga naik karena memang beratnya naik, ditambah dengan kenaikan harga per carat karena memasuki “ketegori berat’ di atasnya.

 

Pentingnya ‘kategori berat’

Harga berlian naik tidak secara terus menerus seiring dengan naiknya carat, tetapi naik berdasarkan ‘kategori berat’. Harga berlian lebih banyak ditentukan oleh unsur ’emosional’ daripada unsur ‘rasional’. Kita ambil contoh sebagai berikut. Berlian dengan berat 0.99 ct bernilai kurang lebih 1% lebih mahal bila dibandingkan dengan berlian dengan berat 0.98 ct. Tapi berlian dengan berat 1.00 ct, bernilai kurang lebih 20% lebih mahal daripada berlian dengan berat 0.99 ct.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal dari 0.98ct ke 0.99ct dan 0.99ct ke 1.00ct sama sama naik 0.01ct, tapi harga bisa berbeda jauh? Banyak alasan yang bisa dikatakan. Mungkin sekarang Anda bisa mengatakan “berlian 1 carat”. Mungkin juga karena faktor berat berlian sekarang bulat, 1.00ct. Tidak ada yang tahu pasti, alasan kenapa terjadi kenaikan harga tersebut. Tapi, ya begitulah harga berlian ditentukan. Lebih banyak alasan emosional, yang sering kali sulit untuk dijelaskan alasan rasionalnya.

Itulan sebabnya kenapa banyak sekali beredar di pasar, berlian dengan kualitas pemotongan yang buruk. Perusahaan pemotongan berlian cenderung mengorbankan kesimetrisan bentuk, proporsi diameter dan tinggi berlian, serta mungkin meninggalkan goresan bekas cacat alami di berlian. Semuanya dilakukan untuk mempertahankan berat carat berlian agar tidak berkurang terlalu banyak, sehingga harga jualnya bisa tinggi.

 

Bagaimana Cut mempengaruhi harga ?

Dapat digambarkan dan dibayangkan dengan mudah. Jika ada loncatan harga berlian dari berat 0.99ct ke 1.00ct, lalu ada pegawai perusahaan pemotongan berlian yang berusaha membuat berlian dengan kualitas pemotongan yang baik, dan menyebabkan turunnya carat berlian, bisa dipastikan, tidak lama lagi pegawai tersebut akan kehilangan pekerjaannya.

Mungkin dengan kualitas pemotongan berlian yang lebih baik, harga berlian akan berkurang 10%-15%, tetapi persentase tersebut mempunyai nilai nominal yang besar. Permainan harga berlian dengan jenis ini, sangat umum dilakukan oleh perusahaan perusahaan besar yang bergerak dalam industri pemotongan berlian.

Sebagai contoh. Dengan bentuk berlian mentah tertentu, seharusnya bisa dihasilkan berlian dengan berat antara 0.75ct-0.85ct (dengan proporsi pemotongan yang baik untuk memaksimalkan brilliant), tetapi perusahaan pemotongan berlian akan menjadikan berlian mentah tersebut menjadi berlian jadi dengan berat 0.96ct, dengan mengorbankan kualitas cut, dan menjualnya ke pedagang besar berlian dengan harga sebagai berlian dengan berat 1.00ct.

Meskipun berlian dengan potongan yang kurang bagus tersebut dijual dengan harga discount, tetapi secara nominal, penjualan tersebut akan lebih menguntungkan bila dibandingan kalau berlian mentah yang sama tersebut dijadikan berlian dengan cut yang bagus, seberat 0.75ct.

Grafik di bawah menunjukan lonjakan harga ketika berat berlian naik ke ‘kategori berat’ diatasnya.

 

Grafik Peningkatan Harga Berlian – 0.08ct s/d 1.00ct

grafik kenaikan harga berlian per carat

 

Dalam penetapan harga berlian, ada dua jenis kategori harga berlian, yaitu berlian yang menggunakan Rapaport price list sebagai acuannya, dan berlian yang tidak menggunakan.

 

Apakah Daftar Harga Berlian Rapaport itu ?

Seperti dikutip dari Wikipedia, Martin Rapaport memulai pekerjaannya dalam bisnis berlian sebagai staf yang mensortir dan memotong batu berlian mentah di Antwerp, Belgia.

Selepas itu, Martin Rapaport pindah ke Amerika Serikat, dan pada tahun 1975 memulai usaha sebagai perantara / broker berlian mentah dan berlian yang sudah dipoles dan siap dijadikan perhiasan. Dengan pengalaman yang diperoleh, maka pada tahun 1978, ia mulai membuat Rapaport Price List, yang oleh beberapa pihak dikatakan tidak mencerminkan harga yang sebenarnya.

Mulai akhir tahun 1970-an itu, Martin Rapaport membuka berbagai usaha yang berhubungan dengan industri berlian, yang didasarkan atas reputasi namanya dalam perdagangan berlian. Jaringan perdagangan berlian secara elektronis, menerbitkan majalah mengenai berlian, baik media cetak maupun elektronik (website Rapaport).

 

Memahami Rapaport Price List

Daftar Harga Berlian Rapaport atau Rapaport Price List, dan biasa disebut dengan sebutan pendek “Rap List”, diterbitkan mingguan, pada hari Jumat, dan tidak setiap minggunya daftar harga yang dicantumkan berubah dari minggu lalu.

Rap List dipergunakan sebagai patokan atau dasar untuk menentukan harga berlian (yang masih berbentuk butiran, belum dibuat sebagai perhiasan, dan disebut “loose diamond“), dan harga tersebut untuk per butir berlian (ada juga perdagangan berlian yang berbentuk borongan, artinya beberapa butir berlian dijadikan satu paket harga, dan disebut dengan “parcels trade“), serta untuk berlian dengan grade kejernihan SI-3 keatas, dan grade warna K ke atas. Meskipun di daftar harganya juga mencantumkan harga untuk berlian dengan grade warna L dan grade kejernihan I1, tapi berlian dengan grade rendah seperti itu jarang diperdagangkan dalam industri perhiasan berlian.

Sangat jarang ditemui, berlian dengan grade kejernihan I1, diperjual-belikan dengan Sertifikat. Hal tersebut dianggap merugikan bagi pedagang, karena dengan mendapatkan grade kejernihan I1, harga berlian akan jadi murah (merujuk ke Rap List). Yang padahal, jika tanpa sertifikat, pedagang dapat menjual harga berlian tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Otomatis, tanpa adanya grade berlian, tidak bisa merujuk ke Rap List, dan tergantung kepintaran pedagang untuk menentukan harga berlian tersebut.

 

 

cara membaca rapaport price list untuk menentukan harga berlian

Cara membaca Rapaport Price List untuk menentukan harga berlian

 

Cara Membaca Rapaport Price List

Dari contoh Rapaport Price List atau Rap List diatas, yang diterbitkan pada tanggal 25 April 2014, dapat kita lihat 4 kotak utama. Masing masing kotak untuk ketegori berat berlian. 4 kategori berat yang ditunjukan dalam contoh Rap List diatas, adalah 0.90ct-0.99ct, 1.00ct-1.49ct, 1.50ct-1.99ct dan 2.00ct-2.99ct.

Bentuk berlian yang dijadikan standar adalah berlian dengan bentuk bulat (round cut). Kolom menunjukan grade kejernihan berlian, ditunjukan dengan grade IF, VVS1, VVS2, VS1, VS2, hingga I3. Baris menunjukan grade warna berlian, ditunjukan dengan grade D, E, F, G sampai M. Harga ditunjukan dalam angka ratusan dollar.

Seperti yang ada di contoh Rap List, dapat dijelaskan sebagai berikut: Misal kita memiliki berlian bentuk round cut, dengan berat 0.95ct, grade kejernihan VS2, grade warna J, maka harga per carat nya adalah USD 4600. Jadi, harga berlian yang kita miliki adalah 0.95ct x USD 4600 = USD 4370.

Dengan mengetahui cara membaca Rapaport Price List dan mengetahui harga berlian yang tercantum didalamnya adalah awal dari penetapan atau menentukan harga berlian.

 

Harga Discount dan Premium

Seni menentukan harga berlian yang sesungguhnya adalah bagaimana memperhitungkan harga discount atau harga premium berlian berdasarkan Rap Price. Disini pembeli dan penjual melakukan tawar menawar berdasarkan kondisi riil berlian.

Kita ambil berlian yang dijadikan contoh diatas. Berat 0.95ct, round cut, warna J, kejernihan VS2.

Tiga jenis kualitas tersebut (warna, kejernihan dan berat) dijadikan acuan. Dan sekarang, segala sesuatunya menjadi sangat subyektif. Faktor yang ikut berperan dalam menentukan harga berlian, apakah termasuk discount price atau premium price, seperti faktor ada tidaknya sifat fluoroscene pada berlian (berlian menjadi berpendar kalau disinari dengan ultraviolet karena adanya kandungan fosfor atau zat ikutan yang lainnya), kualitas cut berlian atau pemotongannya (simetris tidaknya berlian, brilliance dan fire nya bagus tidak), cacat bawaan dan kotoran yang masuk ke dalam berlian dan kualitas warna.

 

Apa yang dimaksud dengan “20 Back” atau “20 Below” ?

Kembali lagi ke berlian yang kita jadikan contoh. Jika berlian tersebut setelah mendapat pengamatan dari pembeli dan penjual, dan sama dalam menilai kualitasnya, misal kualitas cutnya bagus, berlian simetris, kejernihannya memang sesuai dengan grade SI1, grade warna H nya mendekati grade G, tidak ada fluorescence, maka berlian tersebut bisa dijual belikan pada harga -20% atau bahkan bisa -15% dari Rap Price. (dalam perdagangan berlian, hal ini sering disebut dengan “20 back” atau “20 below“).

Karena faktor kualitas berlian sudah ada kesamaan pendapat dalam menilainya, sekarang pembeli dan penjual tinggal tawar menawar harga. Pembeli tentu menginginkan harga di discount 20%, dan penjual hanya mau memberikan discount 15% dari Rap Price List.

Jika terjadi kesepakatan jual beli, dengan kondisi “20 below”, maka harga berlian per carat menjadi USD 4600 x 80% = USD 3680. Berat berlian 0.95ct. Harga berlian yang kita jadikan contoh tersebut adalah 0.95 x USD 3680 = USD 3496.

 

Harga ‘Sweet Spots’

Kita lihat lagi sekarang, contoh Rapaport Price List di atas. Perhatikan harga berlian dengan teliti. Menemukan sesuatu yang aneh?

Kita ambil contoh. Perbedaan harga antara harga berlian 1ct, grade warna G, kejernihan VS1 dibandingkan dengan berlian 1ct, grade warna H, kejernihan VS1, bisa mencapai USD 1000. Kondisi tersebut bisa dikatakan seperti berikut: berat berlian sama, kejernihan sama, warna beda sedikit sekali, tapi harga bisa beda USD 1000.

Sebagai catatan, perbedaan warna antara Grade G dan Grade H, sedemikan tipisnya, dan cara melakukan grade tersebut dengan menggunakan pembesaran 10x. Jadi mata yang tidak terlatih, mustahil bisa membedakan grade warna antara G dan H. Jadi bisa dikatakan sia-sia kalau kita menaikan grade warna berlian dari H menjadi G dan ada penambahan biaya sebesar USD 1000, yang hasil dari penambahan harga tersebut, sedikit sekali menambah keindahan atau penampilan berlian secara keseluruhan.

Jangan bertanya, kenapa hal seperti itu bisa terjadi? Jarang ditemukan bisnis berlian yang didasari atas rasio atau akal sehat. Seorang perantara atau broker yang pengalaman, dapat Anda ajak diskusi untuk mencarikan ketidak-konsistenan harga seperti ini.

Salah satu hal yang menarik dalam industri berlian yang menetapkan harga berlian nya mengikuti Rap List adalah terlalu besarnya penekanan terhadap grade warna dan grade kejernihan dalam menentukan harga.

Kalau kita bicara secara objektif, berlian dengan grade warna G, grade kejernihan SI1, pemotongan ideal, bisa dipastikan lebih indah bila dibandingkan dengan berlian dengan grade warna G, grade kejernihan VS2, pemotongan standar. Karena dengan mata telanjang, apalagi jika berlian tersebut sudah dijadikan perhiasan cincin atau liontin, hampir mustahil bisa membedakan grade SI1 dengan grade VS2. (harap diingat lagi, pemeriksaan grade kejernihan dan grade warna, dilakukan dengan pembesaran sebesar 10x). Perbedaannya tidak bisa dilihat oleh mata, tetapi harga yang dibayar terpaut sangat jauh.

Demikian penjelasan ringkas bagaimana cara menentukan harga berlian di pasar perdagangan berlian dan penjelasan bagaimana cara membaca Rapaport Price List.

 

Comments

comments


ONE THOUGHTS ON “Cara Menentukan Harga Berlian”

  1. saya mau menjual berlian berwarna pink , masih asli belum di cuting, berat sekita 1gram. lihat gambarnya di amosgeopark@yahoo.co.id.


Leave a Reply

Your email address will not be published.