Cara Memilih Berlian Berkualitas


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berlian dengan kualitas yang rendah, kita ulang lagi sedikit mengenai faktor yang dipergunakan untuk menilai kualitas berlian. Kualitas berlian dapat dibedakan berdasarkan bentuk berlian (shape berlian) dan 4C Berlian, yaitu carat, cut, color dan clarity yang kesemua faktor tersebut mendasari bagaimana cara memilih berlian berkualitas.

Dari 4C Berlian tersebut, hanya cut yang bisa dipengaruhi oleh skill atau ketrampilan manusia, sedangkan C yang lainnya, alam yang menentukan. Dan faktor cut-lah yang menentukan, apakah sebuah berlian tampak hidup dan berkilauan atau terlihat buram dan tampak redup.

Kemudian akan muncul pertanyaan. Jika semua berlian mempunyai potensi untuk dapat menjadi cincin berlian yang indah kemilau, lalu mengapa perusahaan pemotong berlian memproduksi berlian dengan proporsi cut yang buruk dan menyebabkan hasil akhirnya tampak terlihat suram dan redup ? Dan ironisnya lagi, bukan perusahaan atau orang yang memotong berlian tersebut yang akan memakainya, tapi calon pembeli yang akan mengeluarkan dana yang besar dan hanya mendapatkan berlian dengan kualitas yang buruk.

Related: Berlian Hearts and Arrows

 

Prinsip Pemotongan Berlian – Efek Optikal

Berlian adalah batu permata yang sangat unik, karena kemampuannya untuk memantulkan dan membiaskan cahaya. Tahukah Anda, bahwa berlian yang dipotong dengan proporsi ideal dapat memantulkan hampir 100% cahaya yang masuk melalui sisi tabel dan sisi mahkota-nya ? Pantulan cahaya tersebut akan terlihat berkerlap kerlip, bersinar dan ada semburat warna pelangi bagi orang yang melihatnya.

Jika berlian mentah dipotong dengan proporsi terlalu dangkal, bias cahaya akan dipantulkan melalui sisi pavilion. Demikian juga jika berlian dipotong dengan proporsi yang terlalu tinggi, pantulan cahaya akan keluar dari sisi samping berlian, dan tidak terpantul ke sisi table berlian / sisi atas yang akan langsung tertangkap oleh mata orang yang melihatnya. Itulah alasannya mengapa berlian yang dipotong dengan proporsi cut yang jelek akan tampak buram dan tidak bercahaya.

 

pengaruh kualitas cut berlian terhadap pantulan cahaya tips memilih berlian berkualitas

 

 

Alasan Mengapa Berlian Mentah Tidak Dipotong Untuk Memaksimalkan Efek Optikalnya

Jika kita membicarakan uang senilai puluhan bahkan ratusan milyar rupiah, sebagai biaya untuk mengoperasikan tambang berlian, maka bisa dikatakan tidak ada toleransi untuk kesalahan dalam mengolah berlian yang ditemukan, demi memaksimalkan penghasilan dari penjualan berlian. Setiap berlian yang ditemukan harus diolah sedemikan rupa sehingga bisa memaksimalkan keuntungan.

Dan dalam proses pengolahan berlian mentah tersebut, bisa dikatakan tidak ada faktor “human error” mengapa berlian dipotong dengan proporsi cut yang buruk. Dalam proses pemotongan berlian, setiap butir berlian mentah akan diteliti, dianalisa dan direncanakan dengan sangat baik, bagaimana memotongnya dijadikan bentuk apa, dengan menggunakan sistem komputer yang sangat canggih.

memoles berlian untuk memilih berlian berkualitas

Memoles berlian

Ketika menentukanbagaimana berlian akan dipotong dan dibentuk, faktor ekonomi dan keuntungan menjadi pertimbangan utama, mengalahkan faktor kualitas dan proporsi cut. Dan dalam perdagangan berlian, faktor carat mempunyai pengaruh paling besar dalam menentukan harga berlian. Karena hal tersebutlah, maka perusahaan pemotong berlian, akan berusaha semaksimal mungkin menjaga carat berlian tidak banyak terbuang ketika dalam proses pemotongan dan pemolesan.

 

Contoh Bagaimana Berlian Mentah Diolah

Untuk menggambarkan penjelasan diatas, kita ambil contoh sebagai berikut. Katakanlah kita memiliki sebongkah berlian mentah dengan berat 3 carat. Dari berlian mentah ini, dapat dihasilkan 2 buah berlian bentuk bulat, masing2 dengan berat 1.3 carat, dengan grade cut masuk dalam kategori “Good”. Dan kedua berlian tersebut, mempunyai nilai kurang lebih sebesar USD 30,000.

Dari berlian mentah yang sama, sebenarnya bisa dihasilkan berlian bulat dengan cut yang memiliki proporsi ideal, tetapi mempunyai berat carat sebesar 1.00 carat dan 0.90 carat. Meskipun hasil akhir dari berlian yang ini memiliki tampilan yang sempurna, tetapi total beratnya tinggal 1.9 carat, dan bernilai kurang lebih sebesar USD 22,000 saja.

Selain nilai pasar yang jauh lebih tinggi, untuk menghasilkan berlian dengan grade cut yang masuk dalam kriteria “Good”, memerlukan biaya yang lebih rendah, karena hanya memerlukan tenaga kerja dengan ketrampilan standar saja, dan memerlukan waktu yang relatif lebih cepat.

Jika posisi Anda sebagai pengusaha pengolahan berlian, mana yang akan Anda produksi ? Dengan mudah, Anda akan mengambil keputusan untuk memproduksi berlian dengan kualitas cut, yang masuk grade “Good”. Selain biaya produksi nya lebih murah, harga jualnya pun lebih mahal.

Seperti contoh gambar dibawah ini, dari berlian mentah direncanakan akan dipotong dan dijadikan berlian dengan proporsi cut ideal atau proporsi cut standar didasarkan atas seberapa banyak carat berlian mentah tersebut yang akan terbuang. Atau dengan kata lain, berapa besar carat berlian yang dapat diperoleh jika berlian sudah dipoles dan dipotong.

 

Rencana pemotongan berlian mentah untuk menghasilkan berlian berkualitas

Rencana pemotongan berlian mentah untuk menghasilkan berlian berkualitas

 

rencana pemotongan berlian menggunakan komputer untuk menghasilkan berlian berkualitas

Rencana pemotongan berlian menggunakan bantuan komputer untuk menghasilkan berlian berkualitas

 

Faktor Lain Yang Mempengaruhi Kualitas Cut Berlian

Seringkali, keputusan perusahaan pemotongan berlian dipengaruhi oleh kondisi fisik dan bentuk berlian mentah. Kondisi fisik disini dalam arti ada tidaknya cacat bawaan di berlian mentah tersebut. Untuk kondisi tertentu, jika ada cacat bawaan di sebelah dalam berlian yang dekat dengan permukaan, maka saat pemotongan atau saat pemolesan berlian, cacat tersebut diusahakan untuk dihilangkan, meskipun hal ini berakibat mempengaruhi proporsi cut berlian.

Keputusan tersebut dibuat dengan bantuan scanner teknologi tinggi yang bisa melihat retakan atau cacat bawaan di berlian dan alat untuk memvisualisasikan proporsi cut berlian jika cacat tersebut dihilangkan. Dan prioritas tertinggi adalah menghasilkan berlian dengan ukuran carat terbesar.

 

Tips Memilih Berlian Berkualitas

Jika Anda menginginkan berlian yang indah dan tampak berkilauan, sedangkan anggaran Anda terbatas, maka jika Anda ingin memilih berlian berkualitas, disarankan untuk menurunkan grade color dan clarity, serta mencari berlian dengan berat carat yang lebih kecil. Jangan pernah menurunkan grade kualitas cut berlian.

Sering dijumpai, tipe konsumen yang membeli berlian dengan target memperoleh berat carat sesuai yang diinginkan. Dan jika anggaran yang dimiliki terbatas, mereka mengorbankan kualitas cut, color dan clarity. Dan menurut saya, itu adalah ide yang kurang bagus. Tetapi sekali lagi, keputusan tetap ditangan Anda.

Berikut adalah video perbandingan antara berlian dengan grade cut “Excellent” dan “Very Good” yang diletakkan berdampingan. Dengan berbagai intensitas cahaya, Anda dapat melihat dengan mudah perbedaannya.

 

 

Setelah membaca artikel diatas, dan memahami arti penting cut berlian, semoga bisa memberikan gambaran yang lebih utuh, bagaimana cara memilih berlian berkualitas.

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.