Berlian Hope


Kisah berlian yang akhirnya diberi nama Berlian Hope (Hope Diamond) dan menjadi salah satu dari berlian termahal di dunia, berawal ketika seorang petualang dan pedagang dari Perancis, Jean Baptiste Tavernier, membawa pulang berlian seberat 112.25 ct. Asal berlian ini diperkirakan dari India, tepatnya dari tambang berlian kuno Golconda. Pada awalnya, ketika baru di bawa Tavernier ke Perancis, berlian ini dibentuk seperti segi tiga dan dipotong dengan potongan yang kasar. Tavarnier mendeskripsikan warna berlian ini sebagai “mempunyai warna ungu yang sangat cantik”.

Tahun 1668, Tavernier menjual berlian tersebut ke Raja Louis XIV dari Perancis, bersamaan dengan 14 berlian ukuran besar lainnya dan beberapa berlian dengan ukuran kecil. Tahun 1673, berlian biru Hope dipotong ulang oleh Sieur Pitau, seorang ahli perhiasan berlian, yang hasilnya berat berlian berkurang menjadi 67.12 ct.

Dimiliki turun temurun oleh raja Perancis, hingga sampai di era Raja Louis XVI. September 1792, ketika Revolusi Perancis bergolak, Raja Louis XVI dihukum mati, istana raja diserbu oleh para demonstran, berlian tersebut ikut dijarah dan dicuri.

Related: Berlian Allnatt

Tahun 1812, seorang ahli perhiasan kebangsaan Inggris, membuat catatan yang menyebutkan bahwa ada sebuah berlian biru, dengan berat 177 grain atau 44.25ct  (4 grain = 1 carat) dimiliki oleh seorang pedagang besar berlian dari London, Daniel Eliason. Bukti yang kuat mengindikasikan bahwa berlian tersebut adalah hasil potongan ulang berlian biru milik Raja Louis XIV dari Perancis yang dicuri.

Dari beberapa referensi, diperoleh data bahwa akhirnya berlian tersebut menjadi milik Raja George IV dari Inggris. Saat Raja George IV wafat, tahun 1830, raja meninggalkan hutang yang sangat banyak dan untuk menutup hutang tersebut, dengan melalui jalur rahasia, berlian biru tersebut menjadi salah satu asset raja yang ikut dijual.

berlian hopePemilik berlian setelah itu, ditemukan dalam dokumen yang bertahun 1839, sebagai milik Henry Philip Hope. Tetapi dokumen tersebut tidak menuliskan secara jelas, dari mana Philip Hope memperolehnya, dan dibeli dengan harga berapa. Dan sejak diketemukannya dokumen tersebut, Berlian Biru dari Perancis, akhirnya lebih dikenal dengan nama Berlian Hope.

Setelah kematian Henry Philip Hope tahun  1839, dan melalui proses pengadilan yang panjang, berlian tersebut akhirnya jatuh ketangan keponakannya, Henry Thomas Hope, yang kemudian diwariskan ke anaknya, Lord Francis Hope. Tahun 1901, Lord Francis Hope memperoleh ijin dari pengadilan untuk menjual berlian warisan tersebut, guna menutup hutang hutangnya. Berlian yang indah itu kemudian dibeli oleh seorang pedagang berlian di London, dan dengan cepat menjualnya lagi ke Joseph Frankels and Sons, perusahaan yang bergerak dalam bidang perhiasan dari New York. Tahun 1909, Joseph Frankels menjual berlian tersebut ke Selim Habib, yang kemudian melelangnya di Perancis. Dalam lelang tersebut, berlian Hope tidak dapat terjual, tapi tidak lama setelah lelang, dibeli oleh C.H. Rosenou dan dalam tahun yang sama menjualnya lagi ke Pierre Cartier, pemilik perusahaan perhiasan terkenal dari Perancis, Cartier.

 

Berlian Hope di Amerika Serikat

Tahun 1910, berlian biru Hope diperlihatkan ke Ny. Evalyn Walsh McLean, yang berasal dari Washington DC. pada saat Ny.Evalyn berkunjung ke Paris. Tapi ternyata Ny.Evalyn tidak suka dengan setting-nya (perhiasan tambahan yang melengkapi berlian Hope sebagai fokus utamanya). Cartier kemudian merombak setting-nya, dan membawanya ke Amerika Serikat, dan selama akhir pekan, meninggalkan berlian cantik tersebut dengan setting barunya di kediaman Ny.Evalyn. Strategi ini ternyata berhasil. Tahun 1911, berlian Hope dengan setting barunya, laku dijual Cartier ke Ny.Evalyn Walsh McLean.

Mrs. Evalyn Walsh McLean berpose dengan memakai berlian Hope.

Mrs. Evalyn Walsh McLean berpose dengan memakai berlian Hope.

Pada saat memiliki berlian ini, Ny. Evalyn merubah setting menjadi liontin yang dipasangkan di kalung berlian, seperti bentuknya yang sekarang. Berlian tersebut tetap menjadi milik Ny.Evalyn hingga saat kematiannya, tahun 1947.

Tahun 1949, Harry Winston Inc. perusahaan perhiasan dari New York, membeli semua peninggalan Ny. Evalyn Walsh McLean dari ahli warisnya. Koleksi perhiasan yang dibeli, antara lain berlian Star of The East, 94.8 ct, berlian Star of The South, 15 ct, berlian hijau, seberat 9 ct, dan berlian seberat 31 ct yang sekarang terkenal dengan nama Berlian McLean.

Selama 10 tahun berikutnya, Berlian Hope diperlihatkan di banyak pameran dan eksebisi serta acara amal yang diselenggarakan oleh Harry Winston Inc. Dan pada tanggal 10 Nopember 1958, Harry Winston Inc. menyumbangkan berlian biru Hope ke Yayasan Smithsonian.

Semenjak didonasikan ke Smithsonian, berlian terkenal ini hanya 4 kali keluar dari tempatnya. Tahun 1962, pameran selama satu bulan di Louvre, Perancis. Tahun 1965, pameran di Johannesburg, Afrika Selatan. Tahun 1984, kembali ke kantor pusat Harry Winston di New York, untuk memperingati 50 tahun berdirinya perusahaan. Lalu tahun 1996, ke Harry Winston lagi, di New York, untuk dibersihkan dan menjalani beberapa perbaikan kecil.

Berat berlian Hope selama beberapa tahun disebutkan sebesar 44.5ct. Tahun 1974, berlian ini dilepas dari settingnya, dan ditimbang ulang. Dan ternyata berat berlian Hope sebesar 45.52ct.

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.