Berlian Hearts and Arrows


Setiap industri pasti memiliki icon atau produk paling populer yang menjadi simbol kualitas, kepopuleran atau hal lain yang identik dengan bidangnya. Sebagai contoh, jika kita membicarakan industri musik dengan genre rock ‘n roll maka pasti dikaitkan dengan nama Elvis Presley. Atau jika dalam olah raga tinju, kita tidak bisa meninggalkan nama Mohammad Ali. Demikian juga hal nya jika kita membahas mengenai industri perhiasan berlian. Berlian hearts and arrows menjadi masterpiece, menjadi icon dalam industri pengolahan berlian yang merujuk pada berlian dengan kualitas pemotongan dan pemolesan yang tinggi.

 

berlian hearts and arrows

Berlian hearts and arrows, dilihat dari facet table dan facet pavillion.

 

Related: Tips Memilih Berlian

Munculnya Berlian Hearts and Arrows

Teknik pemotongan berlian bisa dimasukan dalam kategori cabang seni “liberal arts”, dalam hal ini, seniman yang masuk dalam kategori ini akan selalu mencari cara dan teknis berbeda untuk menyempurnakan karya seninya, secara terus-menerus.

Sekitar akhir tahun ’80-an, ahli berlian dari Jepang yang pertama menemukan efek kaleidoskop ketika berlian dengan bentuk berlian brilliant round cut dilihat dengan menggunakan alat khusus.

Saat itu, cut berlian yang diteliti belum menghasilkan pola berlian hearts and arrows yang sempurna seperti yang bisa dilihat dewasa ini. Dan ketika para ahli berlian di Jepang mulai memperbaiki teknik pemotongan serta pemolesan berlian, serta bisa menghasilkan pola berlian hearts and arrows yang lebih bagus, maka teknik ini dengan cepat menjadi populer di industri pengolahan berlian dan dengan cepat menyebar ke tempat tempat pengolahan berlian di seluruh dunia.

Dan sekitar tahun ’90-an, teknik pemotongan dan pemolesan berlian yang menghasilkan efek kaleidoskop ini mulai masuk ke industri pengolahan berlian di Amerika Serikat.

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Berlian Hearts and Arrows ?

Ketika dilihat dari sisi atas (dari sisi crown), berlian yang dipotong dengan proporsi cut ideal akan menghasilkan 8 arrow atau panah yang simetris. Dan sebaliknya, jika berlian dilihat dari sisi bawah (dari sisi pavillion, cullet menghadap mata kita), akah menghasilkan 8 pola heart yang simetris.

 

alat untuk melihat berlian hearts and arrows

 

Untuk menghasilkan pola berlian hearts and arrows yang simetris, diperlukan tingkat kepresisian yang sangat tinggi, dalam hal pemotongan dan pemolesan berlian. Dan berlian dengan kriteria ini sering kali disebut dengan istilah “berlian super ideal”, untuk menggambarkan kemampuan berlian dalam memantulkan dan membiaskan cahaya, penggunaan material berlian mentah yang berkualitas serta kesimetrisan dan kepresisian dalam hal pemotongan dan pemolesan berlian.

 

Apakah Berlian Dengan Kualitas Cut Ideal Pasti Menghasilkan Hearts and Arrows ?

Jawabannya adalah TIDAK.

Tidak semua berlian dengan dengan grade kualitas cut ideal, baik menurut standard AGS maupun GIA, secara otomatis akan menghasilkan berlian hearts and arrows. Secara teknis bisa dikatakan, hearts dan arrows dihasilkan karena pengerjaan yang sangat teliti dan hati-hati ketika memoles berlian, sehingga masing masing facet yang menyusun permukaan berlian, akan saling tepat terhubung di sudutnya serta memiliki proporsi dan derajat kemiringan yang tepat sesuai dengan perhitungan. Tingkat kepresisian pemotongan dan pemolesan ini, jauh melebihi standar yang ditentukan oleh AGS maupun GIA untuk penilaian simetris berlian agar masuk dalam kriteria “Excellent”. (baca selengkapnya di artikel Cara Membaca Sertifikat Berlian).

 

sertifikat berlian gia triple excellent

Triple Excellent di Sertifikat Berlian GIA

 

Gambar dibawah adalah contoh berlian dengan kesimetrisan optis yang jelek. Tidak ada pola hearts dan arrows yang dapat terlihat dengan jelas. Padahal gambar dibawah adalah gambar berlian yang mendapatkan kriteria triple Excellent dari GIA (dengan menggunakan standard penilaian yang dipergunakan di Sertifikat Berlian GIA, simetris cut, proporsi cut dan kualitas pemolesan memperoleh penilaian “Excellent”).

 

berlian-hearts-and-arrows-with-misaligned-shafts

berlian hearts and arrows broken hearts

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang perlu Anda perhatikan adalah, meskipun di Sertifikat Berlian termasuk dalam kategori triple Excellent, tetapi berlian tersebut belum tentu masuk dalam kriteria hearts and arrows. Hati hati jika Anda sedang memilih berlian dan pramuniaga atau pemilik toko mengatakan bahwa berlian tersebut masuk dalam kriteria berlian hearts and arrow. Harus ada bukti nyata bahwa berlian tersebut masuk dalam kriteria hearts and arrows, yaitu dengan menggunakan ASET, Idealscope dan Hearts and Arrows Viewer.

 

Panduan Menilai Kesimetrisan Optik Berlian Hearts and Arrows

Ada beberapa kriteria yang dapat Anda pergunakan untuk menilai apakah sebuah berlian termasuk dalam kategori Hearts and Arrows. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan ketika Anda berminat untuk membeli berlian dengan kualitas terbaik ini.

 

berlian hearts and arrows breakdown

 

  1. Berlian yang layak dikategorikan dalam hearts and arrows pasti memiliki 8 bentuk hearts dan 8 bentuk arrows yang serupa.
  2. Pola hearts dan arrows yang terlihat, mempunyai bentuk yang identik satu dengan yang lainnya, baik besarnya maupun bentuknya.
  3. Yang paling ideal, pola hearts yang terbentuk, memiliki warna yang sama, bukan terdiri dari 2 gradasi warna.
  4. Bentuk V dan bentuk hearts harus simetris. Sehingga bisa dikatakan, bentuk V dan hearts di satu sisi adalah cerminan dari bentuk V dan hearts di sisi lainnya.
  5. Garis ditengah hearts harus sejajar dengan ujung mata panah.
  6. Harus ada spasi/celah, antara antara hearts dengan bentuk V, dan dan 8 celah tersebut, masing masing mempunyai jarak yang sama.
  7. Lebar pundak atau bahu hearts harus sama, atau paling tidak variasi lebar nya tidak terlalu besar. Dan pundak hearts tersebut harus berbentuk bidang, bukan meruncing.
  8. Bentuk V yang terbentuk, harus simetris antara satu dengan lainnya.
  9. Pantulan facet table yang ada di ujung batang anak panah (arrows) harus mempunyai bentuk regular, dan memiliki diameter dengan ukuran medium.
  10. Masing masing kepala panah dan batang panah harus terletak sejajar
  11. Ukuran batang panah dan kepala panah harus seragam.

 

Tetapi jika Anda mencari berlian hearts and arrows sesuai dengan kriteria diatas, akan sulit untuk menemukannya, karena kriteria diatas adalah kriteria yang sangat ideal. Bahkan 0.1% berlian yang termasuk dalam berlian terbaik di dunia pun, masih memiliki variasi dalam bentuk hearts and arrows nya. Tetapi variasi tersebut masih bisa diterima sepanjang masih di dalam range kriteria super ideal.

Lalu bagaimana dengan kriteria standar yang masih bisa dikategorikan sebagai Berlian Hearts and Arrows ?

Anda bisa mendownload dan membaca artikel tersebut di sini.

 

 

Artikel Menarik Lainnya :

Tips Membeli Cincin Berlian

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.