Berlian Cullinan


Berlian Cullinan adalah berlian terbesar di dunia yang pernah ditemukan, dengan berat berlian mentahnya mencapai 3.106,75 carat atau setara dengan 621,35 gram. Ditemukan tanggal 26 Januari 1905, di tambang berlian milik perusahaan Premier Diamond Mining Company, tidak jauh dari Pretoria, Afrika Selatan.

Berikut, adalah cerita mengenai berlian termahal yang menjadi legenda tersebut.

Penemuan Berlian Cullinan

berlian cullinan mentah

Kondisi berlian pada saat masih mentah

Berlian Cullinan ditemukan oleh seorang buruh panambang, bernama Thomas Evan Powell, yang kemudian membawa ke atas dan diberikan kepada Pengawas Tambang, Frederick Wells. Berlian yang baru ditemukan tersebut, mempunyai ukuran panjang 98mm, lebar 57mm dan tinggi 67mm.

Related: Berlian Allnatt

Atas penemuan tersebut, Pengawas Tambang mendapatkan bonus sebesar GBP 3,500 dan berlian kemudian dibeli oleh Pemerintahan Koloni Transvaal sebesar GBP 150,000. Berlian tersebut akhirnya diberi nama Berlian Cullinan, merujuk kepada nama pemilik tambang Premier tempat ditemukannya, Sir Thomas Cullinan.

Setelah dibeli oleh Pemerintahan Transvaal, Perdana Mentri Transvaal pada waktu itu, Louis Botha, memberikan berlian tersebut kepada Raja Edward VII, dari Inggris, sebagai tanda kesetiaan dan keterikatan rakyat Transvaal kepada Kerajaan Inggris dan kepada Raja.

 

Perjalanan ke Inggris

Dikarenakan nilainya yang luar biasa besar ( berlian termahal ), pihak yang bertugas mengantar berlian Cullinan ke Inggris mengkuatirkan faktor keamanan selama di perjalanan. Sebagai bantuan, beberapa detektif dari Inggris didatangkan ke Afrika Selatan dan ditugaskan di kapal untuk mengawal berlian Cullinan ke Inggris. Berita tersebut sengaja disebarkan untuk alasan keamanan, karena berlian yang asli, dikirimkan melalui paket pos, di packing menggunakan kotak kayu yang sederhana dan selamat tiba di Inggris.

 

Proses Pemotongan

Untuk memotong dan mengubahnya menjadi berlian yang cemerlang dan berkilau, Raja Edward VII mengundang Joseph Isaac Asscher yang berasal dari Amsterdam, Belanda, sebagai orang yang dipercaya untuk melakukan hal itu. Reputasi Asscher sebagai ahli berlian sangat diakui. Joseph Asscher lah yang memperkenalkan bentuk pemotongan berlian yang sampai saat ini dikenal dengan bentuk ‘Asscher Cut’ (lihat penjelasannya di artikel Bentuk Berlian). Setelah melakukan pengamatan dan pemeriksaan yang seksama selama 8 bulan, serta membuat rencana pemotongan, akhirnya pada bulan Februari 1908, Joseph Asscher mulai melakukan tugasnya.

Beberapa orang turut menyaksikan pada saat Asscher melakukan pekerjaannya. Berlian harus dipotong tepat dibagian yang direncanakan untuk menghasilkan potongan yang besar dan bersih dari zat ikutan dan cacat bawaan. Pada pukulan pertama, pisau yang digunakan Asscher untuk memotong berlian, patah. Berliannya tetap utuh. Percobaan pertama untuk memotong berlian Cullinan pada hari itu gagal. Asscher merencanakan untuk membuat peralatan yang lebih besar dan lebih kuat.

Beberapa minggu kemudian, dibekali dengan peralatan yang lebih bagus, Asscher memulai lagi tugasnya. Kali ini hanya ditemani oleh Notaris kepercayaan Raja. Kabar yang beredar, Joseph Asscher pingsan setelah berhasil memotong berlian Cullinan menjadi 9 potongan besar.

 

Hadiah Bagi Raja: Berlian Termahal

Setelah berhasil menyelesaikan tugasnya, berlian Cullinan dipersembahkan kepada Raja Edward VII, sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke 66, pada 9 November 1907. Digelar dalam acara pesta yang sangat besar dan mewah, acara tersebut juga dihadiri oleh Ratu Norwegia, Ratu Spanyol, dan kalangan bangsawan Inggris. Dan melalui pidato yang dilakukan oleh Sekretaris Negara, Lord Elgin, Raja menyampaikan bahwa Raja menerima hadiah berharga ini, “untuk diri saya sendiri dan untuk pewaris tahta Kerajaan Inggris” dan Raja akan memastikan bahwa “berlian besar dan unik ini akan disimpan dan dipelihara di antara perhiasan bersejarah dalam bentuk permata di mahkota Raja Inggris.”

 

Berlian Cullinan Lengkap: Cullinan I – Cullinan IX

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berlian mentah terbesar itu berhasil dipecah menjadi 9 potongan besar dan 96 potongan kecil. Dan untuk memudahkan penyebutan, 9 potongan besar tersebut, dinamakan Cullinan I sampai Cullinan IX.

berlian cullinan mentah lengkap 9 potongan besar

 

Cullinan I

Dipotong dan dibentuk seperti buah pear (lihat Pear shape di Bentuk Berlian), dan merupakan potongan terbesar dari 9 berlian Cullinan. Cullinan I juga sering disebut dengan berlian “Great Star of Africa”, dipakai sebagai kepala tongkat Raja Inggris, sebagai simbol pemegang kekuasan Kerajaan Inggris. Cullinan I mempunyai berat 530,4 carat. Berlian ini dapat dilepas dari tongkat, dan dipakai sebagai liontin atau jika digabungkan dengan Cullinan II, bisa dipakai sebagai bros. Masing masing berlian dipasang pengait yang terbuat dari platinum.

berlian cullinan Iberlian cullinan Iberlian cullinan, berlian terbesar di dunia

 

 

Cullinan II

Dipotong dengan bentuk kotak (rectangular cushion cut), berlian seberat 317,4 carat ini dijadikan permata di Mahkota Raja Inggris. Seperti halnya berlian Cullinan I, berlian ini juga bisa dilepas dari mahkota, dan dijadikan bros.

berlian cullinan II

berlian cullinan II

 

Cullinan III

Dipotong dengan bentuk pear cut, sama dengan bentuk Cullinan I, berlian seberat 94.4 carat ini juga sering disebut dengan Lesser Stars of Africa. Ratu Mary, Permaisuri Raja George V, pada tahun 1911 memperoleh Cullinan III pada saat penobatannya sebagai permaisuri Raja, dalam bentuk perhiasan di mahkota permaisuri. Tetapi tidak tahu penyebabnya, Cullinan III dilepas dari mahkota permaisuri, dan digantikan dengan bentuk yang sama tetapi terbuat dari kristal. Saat ini, Cullinan III sering kali dipergunakan sebagai bros, dikombinasikan dengan Cullian IV.

Berlian Cullinan III dan Berlian Cullinan IV bross

 

Cullinan IV

Cullinan IV, dengan berat 63.6 carat, dipotong bentuk kotak, cushion cut. Awalnya, berlian ini juga dipasang di mahkota Ratu Mary, tetapi juga dilepas, seperti Cullinan III. Dan sejak saat itu, sering dipakai sebagai bross, dipadukan dengan Cullinan III.

Pasangan bross yang terdiri dari Cullinan III dan IV, sering kali disebut oleh Ratu Elizabeth II dengan istilah ‘Granny’s Chips’. Hal tersebut diungkapkan oleh Ratu, pada 25 Maret 1958, saat Ratu dan Pangeran Philip mengadakan kunjungan kenegaraaan ke Belanda, dan singgah ke kantor Asscher Diamond, keluarga yang memotong berlian tersebut 50 tahun sebelumnya. Waktu itu, pertama kali Ratu memakai bross tersebut di depan publik. Saat berkunjung ke Asscher Diamond, Ratu melepas brossnya dan memberikan ke Louis Asscher, saudaranya Joseph Asscher, untuk dilihat. Tua dan hampir buta, Louis Asscher sangat terharu saat memegang bros tersebut, dan  tidak mengira kalau Ratu akan memakai bros tersebut saat berkunjung ke kantor Asscher Diamond. Suatu hal yang sangat berarti dan terhormat bagi keluarga Asscher, melihat dan menyentuh lagi berlian Cullinan 50 tahun kemudian, setelah mereka membuatnya.

Ratu Elizabeth II berkunjung ke Asscher Diamonds

 

Culinan V

Cullinan V, beratnya 18.8 carat, dan dipotong dengan bentuk hati. Dibuat menjadi perhiasan bros, digabung dengan platinum dan beberapa berlian yang melingkarinya. Dibuat khusus untuk Ratu Mary saat menghadiri acara Delhi Durbar, tahun 1911. Bross tersebut di desain untuk menonjolkan berlian Cullinan V. Biasanya digabungkan dengan berlian Cullinan VII dan Cullinan VIII, sebagaimana yang sering dilakukan oleh Ratu Mary. Dan saat Ratu Mary wafat, pada tahun 1953, semua koleksi brossnya diwariskan kepada Ratu Elizabeth II.

berlian cullinan v bross

 

Cullinan VI

Cullinan VI, mempunyai berat 8.8 carat dan dipotong dengan bentuk marquise. Sering kali digantungkan ke Cullinan VIII, dan menjadi bagian dari set perhiasan Delhi Durbar. Cullinan VI dan Cullinan VIII dapat juga dipasangkan menjadi sebuah bross, dikelilingi oleh 96 berlian kecil. Desain perhiasan ini dibuat dalam waktu yang hampir bersamaan saat mendesain bross untuk Cullinan V. Keduanya mempunyai bentuk yang mirip.

berlian cullinan vi dan berlian cullinan viii

 

Culinan VII

Cullinan VII, beratnya 11.5 carat dan dipotong dengan bentuk Marquise. Berlian ini awalnya, oleh Raja Edward VII diberikan kepada Ratu Alexandra. Setelah Raja Edward VII wafat, Ratu Alexandra memberikan berlian ini ke Ratu Mary, dan memakainya sebagai liontin yang menggantung di kalung Delhi Durbar, sebuah kalung yang terbuat dari untaian berlian dan emarld.

 

Cullian VIII

Cullinan VIII diletakan di posisi tengah pada set perhiasan Delhi Durbar. Berat Cullinan VIII 6.8 carat, dan dipotong dengan bentuk cushion cut. Dipasangkan dengan Cullinan VI untuk menjadi sebuah bross. Setelah mewarisi berlian ini, Ratu Elizabeth tidak pernah terlihat memakainya di hadapan publik.

 

Cullinan IX

Berlian terakhir yang masuk dalam kelompok berlian Cullinan dengan potongan besar. Beratnya 4.4 carat dan dipotong dengan bentuk pear. Dibuat menjadi mata sebuah cincin berlian berbahan platinum, dan dikenal dengan nama Cincin Cullinan IX.

berlian cullinan ix ring

 

 

Gallery Foto

Thomas Evan Powell menyerahkan berlian cullinan yang ditemukannya ke Pengawas Tambang, Frederick Wells.

Thomas Evan Powell menyerahkan berlian yang ditemukannya ke Pengawas Tambang, Frederick Wells.

 

Frederick Wells menyerahkan berlian cullinan ke pemilik tambang Premier, Sir Thomas Cullinan.

Frederick Wells menyerahkan Berlian Cullinan ke pemilik tambang berlian Premier, Sir Thomas Cullinan.

 

sir thomas cullinan berpose dengan berlian yang ditemukan di tambang berlian Premiier

Sir Thomas Cullinan berpose dengan berlian yang ditemukan di tambang berlian Premier

 

Tambang berlian Premier, Pretoria, Afrika Selatan, tempat ditemukannya beberapa berlian yang masuk ke dalam daftar berlian termahal

Tambang berlian Premier, Pretoria, Afrika Selatan, tempat ditemukannya beberapa berlian yang masuk ke dalam daftar berlian termahal

 

Keluarga Asscher mendiskusikan rencana pemotongan berlian Cullinan.

Keluarga Asscher mendiskusikan rencana pemotongan berlian.

 

Joseph Asscher sedang mengerjakan tugasnya, memotong berlian termahal dan berlian terbesar di dunia.

Joseph Asscher sedang mengerjakan tugasnya, memotong berlian termahal dan berlian terbesar di dunia.

 

Lokasi Tambang Premiere

 

 

Kisah Lengkap Berlian Hope dan Berlian Koh I Noor

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.