Berlian Berwarna


Batu berlian yang biasa kita lihat (berwarna putih atau bening), dan sangat umum dipergunakan untuk cincin atau cincin kawin, kalung, anting ataupun jenis perhiasan berlian lainnya, terbentuk dari proses yang sangat rumit dan memerlukan panas serta tekanan ekstra tinggi di kedalaman perut bumi. Penjelasannya dapat dibaca di artikel Proses Terbentuknya Berlian. Dalam pembentukan berlian tersebut, ternyata alam tidak hanya menghasilkan batu berlian dengan warna putih saja, tetapi juga menghasilkan berbagai jenis berlian berwarna.

 

Dari mana asal warna pada berlian berwarna ?

Jenis mineral dan partikel yang ikut masuk dalam proses pembentukan berlian, menentukan warna berlian dan intesitas warna tersebut.

Related: Bentuk Berlian

Berlian Coklat, Berlian Merah dan Berlian Merah Muda

Batu berlian dengan warna warna tersebut disebabkan oleh kombinasi dari tekanan dan panas dengan intensitas tinggi. Ketika dalam proses pembentukannya, panas dan tekanan ekstra tinggi tersebut menyebabkan terdistorsinya susunan kristal kristal berlian dalam sudut dan susunan tertentu, sehingga menyerap sinar warna hijau. Hal tersebut mengakibatkan berlian terlihat menjadi warna merah muda (karena berkurangnya sinar dengan warna hijau dalam spektrum warna). Berlian dengan warna merah, yang keberadaannya di alam sangat sangat langka, terjadi dengan proses yang sama, tetapi mengalami distorsi susunan kristal yang lebih intens.

 

berlian berwarna coklat

berlian berwarna merah dan merah muda

Berlian Abu-abu dan Berlian Biru

Penyebab utama warna biru diperoleh dari Boron (simbol kimia B). Ketika Boron masuk kedalam proses terbentuknya batu berlian, Boron terikat dengan Carbon dalam struktur kristalnya, menyerap sinar di area warna merah, kuning dan hijau dalam spektrum warna.

berlian berwarna biru dan berlian berwarna abu-abu

 

Berlian Hijau

Sebelum tahap akhir perjalanan batu berlian menuju permukaan bumi, berlian memperoleh warna hijaunya. Ketika batu berlian hendak terdorong keluar dari mantel bumi menuju ke sisi yang lebih dekat ke permukaan, batu batuan tersebut terpapar radiasi alami, yang menyebabkan batu berlian tersebut memancarkan warna hijau dengan menyerap sinar warna merah dan kuning.

berlian berwarna hijau

 

Berlian Ungu

Sejauh ini, para ilmuwan mempercayai bahwa warna ungu diperoleh dari terdistorsinya kristal kristal berlian. Tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa Hidrogen lah yang menyebabkan warna Ungu tersebut.

berlian berwarna ungu

 

 

Berlian Kuning dan Berlian Orange

Warna kuning atau oranye batu berlian diperoleh dari satu elemen, yaitu Nitrogen. Ketika batu berlian masih dalam proses pembentukan, atom atom Nitrogen yang ikut masuk ke dalam berlian, akan membentuk ikatan sedemikian rupa sehingga cahaya dengan warna biru akan terserap, sehingga menghasilkan berlian dengan warna kuning. Sekelompok atom Nitrogen dengan susunan yang spesifik akan memberikan warna oranye ke batu berlian, dengan cara menyerap cahaya warna biru dan kuning.

berlian berwarna kuning

berlian berwarna orange

 

Berlian Hitam

Berlian berwarna hitam, memperoleh warnanya dari sulfida, graphite dan mineral lainnya yang ikut masuk ke dalam proses pembentukan berlian. Dan untuk kasus yang jarang, hidrogen juga mempunyai peran untuk munculnya warna hitam tersebut.

berlian berwarna hitam

 

Pemberian Warna Buatan Pada Berlian

Di bagian atas sudah dijelaskan bagaimana batu berlian secara alamiah memperoleh warnanya. Dewasa ini, dengan meningkatnya popularitas dan permintaan batu berlian berwarna, seiring juga dengan meningkatnya harga batu berlian berwarna, pasar untuk batu berlian dengan pewarnaan buatan ikut meningkat dengan signifikan.

Penting untuk diingat, bahwa batu berlian dengan warna buatan adalah batu berlian alami yang dilakukan proses tambahan untuk diberikan warna sesuai keinginan. Jadi bukan batu berlian buatan manusia. Oleh karena itu, harga batu berlian setelah diberikan warna menjadi lebih mahal dari pada batu berlian awalnya.

Maksud dari pewarnaan batu berlian adalah untuk menghilangkan warna yang tidak diinginkan, seperti warna kuning pucat dirubah menjadi kuning cerah atau kuning terang. Atau bahkan merubahnya menjadi warna biru, ungu atau merah.

Metode utama pewarnaan batu berlian biasa disebut dengan HPHT, High Pressure High Temperature (Tekanan Tinggi Suhu Tinggi). Dan menariknya, dengan prosedur yang sama, warna yang kurang bagus bisa dihilangkan dan dirubah menjadi batu berlian dengan warna putih / bening. Misal batu berlian berwarna coklat muda, yang harganya relatif murah, dilakukan treatment, dan dirubah menjadi batu berlian dengan warna putih, grade D.

 

Unsur Kimia Penyebab Berlian Berwarna

unsur kimia penyebab warna pada berlian

Unsur Kimia Penyebab Warna Pada Berlian

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.