Berlian Archduke Joseph


Berlian Archduke Joseph berasal dari Golconda, tambang berlian kuno di India. Dari tambang berlian ini juga, tempat ditemukannya berlian Koh-I-Noor dan dan berlian biru Hope yang legendaris itu. Yang membuat berlian Archduke Joseph spesial, karena warna dan kejernihannya. Dengan berat sebesar 75.84 ct, dipotong dengan bentuk Cushion cut, grade warna D (sangat bening, grade warna paling tinggi) dan grade kejernihan SI-1, membuat berlian ini begitu anggun dan sempurna (baca 4C Berlian untuk mengetahui cara menilai kualitas berlian), dan menjadi salah satu dari berlian termahal di dunia.

berlian archduke joseph

Berlian Archduke Joseph

 

Kepemilikan Berlian Archduke Joseph

Diperkirakan, awal kepemilikan berlian ini di Eropa, dimulai dari keluarga Kerajaan Inggris. Sekitar tahun 1800-an, India adalah pemasok berlian terbesar di dunia no.2, setelah Brazil. (baca artikel Sejarah Berlian). Dan karena waktu itu India masuk dalam jajahan Inggris, ada aturan yang menyebutkan bahwa semua berlian dengan ukuran besar yang dihasilkan dari India harus ditawarkan terlebih dahulu ke Kerajaan sebelum ditawarkan ke pihak lain.

Related: Berlian Terbesar

Leluhur dari Archduke Joseph, yang memiliki nama lengkap Archduke Joseph August of Austria, adalah keluarga Habsburg, dari kerajaan Austria. Ada leluhur dari keluarga Habsburg yang menikah dengan anggota keluarga Kerajaan Inggris. Dari pernikahan tersebutlah, diperkirakan cara berlian ini bisa dimiliki oleh keluarga Habsburg (sebagai hadiah pernikahan). Ada nuansa politik dalam pernikahan dan pemberian hadiah ini, mengingat pada waktu itu Kerajaan Austria merupakan salah satu kerajaan yang kuat di Eropa.

Kepemilikan berlian tersebut, mulai terdokumentasikan sejak tahun 1933, karena disimpan di safe deposit Hungarian General Credit Bank, atas nama Archduke Joseph. Dan hingga saat ini berlian tersebut diberi nama sesuai dengan pemilik pertama yang berhasil dicatat secara resmi.

Pada tahun 1936, tercatat bahwa berlian tersebut telah dijual ke seorang bankir asal Eropa, dan selamat dari jarahan Nazi selama Perang Dunia II. Setelah penjualan ini, keberadaan berlian Archduke Joseph tidak tercatat secara resmi, dan tidak terpublikasikan. Berpindah tangan beberapa kali diantara para bankir Eropa dan kolektor pribadi.

 

berlian archduke joseph 02

Hingga akhirnya pada bulan Juni 1961, kabar mengenai berlian ini muncul lagi. Seorang broker yang tidak dikenal, menegosiasikan dengan balai lelang Sotheby’s London untuk melelang berlian Archduke. Tapi negosiasi tersebut tidak menemui hasil dan berlian tersebut batal dilelang. Tidak lama setelah negosiasi tersebut gagal, beberapa pedagang berlian besar di London melakukan konsorsium untuk membeli berlian tersebut secara langsung ke pemiliknya. Usaha ini juga tidak membuahkan hasil. Dan sekali lagi, keberadaan berlian Archduke Joseph tidak diketahui publik.

32 tahun kemudian, tepatnya November 1993, kabar mengenai berlian ini muncul lagi, tapi sekarang muncul di balai lelang Christie’s, Jenewa. Pembeli yang tidak mau diketahui namanya, berhasil mendapatkannya dengan harga hampir 6,5 juta dollar.

Belum jelas benar bagaimana cara memperolehnya, membeli langsung ke pemiliknya atau melalui perantara, tapi yang pasti, pada tahun 1999, Alfredo J. Molina berhasil membeli berlian Archduke seharga 12.5 juta dollar. Mr. Molina adalah pemilik toko perhiasan Molina Fine Jewelers dan pimpinan di salah satu perusahaan perhiasan yang paling bergengsi di Amerika, Black, Starr & Frost.

 

berlian archduke joseph 03

Selama dimiliki oleh Mr. Molina, berlian Archduke dimodifikasi untuk menambah kecermelangan berlian. Akibat perbaikan ini, berat berlian berkurng sekitar 2 ct. Tindakan yang beresiko ini ternyata mendapat banyak pujian dari grader / pemeriksa berlian. Dinyatakan bahwa kualitas Cut berlian yang indah ini semakin membaik.

Setelah menyimpan selama 13 tahun, pada tahun 2012 Mr. Molina menjual lagi berlian tersebut, melalui balai lelang Christie’s, dan laku seharga USD 21,474,525. Dengan kurs Rupiah saat ini, Rp.13.000,- per USD, maka harga berlian ini setara dengan Rp. 279 milyard., dan menjadikan berlian Archduke Joseph menjadi salah satu dari daftar berlian termahal di dunia. Pemenang lelang tidak mau disebutkan namanya, dan hingga saat ini belum diketahui publik, siapa pemilik terakhir berlian Archduke Joseph.

 

 

Kisah Lengkap Berlian Hope dan Berlian Koh I Noor

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.