Berlian Allnatt


Berlian Allnatt adalah salah satu dari berlian terkenal dan masuk dalam daftar berlian termahal di dunia. Berat awal berlian kuning ini sebesar 102.07 ct, dan menjadi 101.29 ct setelah dipotong ulang untuk meningkatkan kualitasnya.

berlian allnattDipotong dengan bentuk Cushion Cut, penilaian kualitas berlian ini dilakukan oleh GIA, lembaga pemeriksa berlian yang reputasinya sangat terpercaya. Hasil penilaian GIA, berlian Allnatt dikelompokan dalam kategori warna Fancy Vivid Yellow, dan grade kejernihan VS2. Mengingat besarnya berlian (diatas 100 ct), sangat langka sebuah berlian sebesar itu mempunyai warna kuning yang kuat, dan dengan dimasukkannya ke kelompok kejernihan VS2 membuktikan bahwa berlian ini memang termasuk dalam kelompok berlian yang berkualitas dan tergolong langka.

 

Related: Berlian Terbesar

Asal dan Kepemilikan Berlian Allnatt

Dinamakan berlian Allnatt, merujuk pada pemilik pertama berlian tersebut yang tercatat secara resmi, Alfred Ernest Allnatt, seorang pengusaha Inggris, kolektor barang seni, yang juga seorang perwira di dinas militer Kerajaan Inggris.

Meskipun asal berlian tersebut tidak diketahui dengan pasti, beberapa ahli memperkirakan bahwa berlian ini berasal dari tambang berlian Premier, milik perusahaan berlian De Beers, yang berlokasi di Afrika Selatan. Hal tersebut disebabkan ciri ciri yang hampir sama dengan berlian yang berasal dari tambang tersebut.

berlian allnatt setting brossMr. Allnatt membeli berlian tersebut tahun 1950 dan kemudan membawanya ke perusahaan perhiasan Cartier untuk mensettingnya menjadi perhiasan. Desiner di Cartier menjadikan berlian langka tersebut sebagai perhiasan bros yang cantik, berbahankan platinum yang dibentuk seperti bunga, yang mempunyai 5 kelopak, tangkai dan daun, dan ditaburi dengan berlian putih, dan berlian kuning Allnat dipasang di tengah sebagai pusatnya.

Pada Mei 1996, berlian tersebut dijual, melalui lelang di Balai Lelang Christie’s dan laku terjual dengan harga USD 3,043,496. Pembeli berlian tersebut adalah SIBA Corporation, perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan berlian, yang berlokasi di New York, Amerika Serikat. Hasil harga lelang tersebut menempatkan berlian ini menjadi salah satu berlian termahal di dunia.

Antara tanggal 27 Juni sampai 15 September 2003, Berlian Allnatt dan berbagai berlian tekenal lainnya, ikut dipamerkan dalam acara Splendour of Diamonds di Smithsonian Museum, Amerika Serikat.

 

Berlian Allnatt dalam pameran Splendour of Diamonds di Smithsonian Museum

 

 

Kisah Lengkap Berlian Biru Hope dan Berlian Koh I Noor

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.