Bentuk Berlian Bulat | Proporsi Ideal Cut Berlian


Proses memilih bentuk berlian merupakan proses yang rumit dan tidak semudah yang diperkirakan. Dengan banyaknya informasi yang diperoleh, baik informasi yang benar maupun informasi yang salah, maka calon pembeli berlian pemula akan dengan cepat merasa kebingungan dengan pilihan berbagai bentuk berlian. Artikel ini akan membahas dengan lengkap dan detail, bagaimana cara atau tips memilih bentuk berlian bulat yang terbaik, yang masih masuk di anggaran, dan mengambil keputusan memilih bentuk berlian yang rasional, berdasarkan data dan pengamatan terhadap berlian tersebut.

Disarankan, Anda membaca terlebih dahulu artikel mengenai 4C Berlian, sehingga Anda bisa mengerti berbagai istilah yang dipergunakan.

 

Related: Tips Memilih Carat Berlian

Mengapa Memilih Bentuk Berlian Bulat dan Bukan Bentuk Lainnya ?

bentuk berlian bulat atau brilliant round cut

Brilliant Round Cut

Bentuk berlian bulat (round cut) merupakan bentuk berlian terbaik bila dibandingkan dengan bentuk lainnya. Dengan facet facet yang diatur sedemikian rupa, setiap berlian dengan bentuk bulat mempunyai potensi untuk menjadi perhiasan yang sangat indah.

Bentuk berlian bulat dengan proporsi ideal, pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1900 an oleh seorang ahli matematika yang bernama Marcel Tolkowsky, dan dengan cepat menjadi bentuk yang sangat populer di industri perhiasan berlian. Bahkan hingga saat ini, popularitas bentuk berlian bulat tidak menjadi surut. Kurang lebih 70% berlian yang diperjual-belikan di pasar perhiasan berlian dunia, adalah berlian dengan bentuk bulat (brilliant round cut diamond).

Bentuk berlian bulat mempunyai fleksibilatas desain yang tinggi ketika dirangkai menjadi perhiasan berlian, serta mempunyai tampilan bentuk yang lebih indah bila dibandingkan dengan bentuk lainnya. Dan yang lebih penting, ketika berlian dengan bentuk bulat dipotong dengan proporsi ideal, berlian tersebut akan dapat menghasilkan nilai brilliance dan dispersion tertinggi bila dibandingkan dengan bentuk lainnya.

Berikut adalah video yang menggambarkan tampilan bentuk berlian brilliance round cut, untuk lebih memudahkan Anda membayangkan bentuknya.

 

Video Bentuk Berlian Bulat / Brilliance Round Cut

 

 

Apa perbedaan antara berlian 57 facet dengan berlian 58 facet ?

Mungkian Anda sering mendengar, teman Anda atau pramuniaga di toko berlian menjelaskan berlian dengan istilah 57 facet, dan yang lainnya mengatakan 58 facet. Lalu siapa yang benar dan siapa yang salah ?

Sebenarnya, berlian dengan 57 facet maupun 58 facet, merujuk ke sesuatu yang sama. Bentuk berlian bulat, dengan metode pemotongan yang paling modern, terdiri dari 57 facet, yang dapat diperinci menjadi bagian bagian seperti berikut :

  • table, 1 facet
  • star, 8 facet
  • crown, 8 facet
  • girdle bagian atas, 16 facet
  • girdle bagian bawah, 16 facet
  • pavillion, 8 facet
  • Total 57 facet

 

Infografis nama facet berlian

Nama Facet Berlian

 

Jika culet (sisi runcing) berlian dipoles dan mempunyai bentuk yang rata, sisi ini akan dihitung juga sebagai facet. Coba Anda perhatikan di Sertifikat Berlian yang menjelaskan mengenai Culet. Jika tertulis “None” atau “Pointed”, artinya berlian tersebut pada bagian culet tidak ada sisi rata nya, dan termasuk dalam berlian dengan 57 facet. Tetapi jika Sertifikat Berlian bagian culet tidak diberikan penjelasan, maka bagian culet tersebut mempunyai sisi rata, dan dianggap sebagai facet, dan masuk dalam berlian dengan 58 facet.

 

Cut Berlian Ideal Menurut Tolkowsky

Marcel Tolkowsky merevolusi cara pandang terhadap cut berlian, khususnya berrlian dengan bentuk bulat, melalui buku yang ditulisnya, Diamond Design. Di bukunya, Tolkowsky menulis bahwa untuk menghasilkan berlian yang indah, berkerlap kerlip dan mampu memantulkan cahaya dengan baik, maka berlian harus dipotong dengan proporsi tertentu yang didasarkan atas perhitungan matematika. Dan semenjak diterbitkannya buku tersebut, metode Tolkowsky diaplikasikan secara meluas oleh para ahli potong berlian di seluruh dunia.

 

proporsi ideal cut berlian menurut tolkowsky

Proporsi ideal cut berlian menurut tolkowsky

 

Secara umum, proporsi ideal cut berlian dengan bentuk bulat, dapat disimpulkan sebagai berikut :

 

Table % 52.4% s/d 57.5%
Tinggi % 56.88% s/d 63.92%
Sudut Crown 33.7° s/d 35.8°
Sudut Pavilion 40.2° s/d 41.25°
Ketebalan Girdle Tipis – Medium
Culet  Tidak ada facet

Catatan : persentase dari perbandingan dengan lebar berlian pada sisi girdle (bagian paling lebar dari berlian)

 

Di buku yang ditulis oleh Tolkowsky, cut berlian ideal ditetapkan memiliki proporsi table sebesar 53%. Tetapi untuk saat ini, dengan perhitungan yang lebih detail dan dengan kemajuan teknologi pemotongan, proporsi table dalam proporsi range tertentu, masih bisa dikategorikan sebagai cut ideal. Berlian dengan proporsi table dalam range tersebut masih bisa menghasilkan efek optikal (fire, brilliance dan dispersion) yang optimal.

Lembaga pemeringkat berlian, GIA dan AGS, memiliki standar proporsi cut berlian yang masuk dalam kategori “ideal cut”. Anda dapat mendownloadnya sendiri, untuk perbandingan dan untuk mempelajarinya lebih lanjut.

 

Sebagai panduan untuk memilih berlian dengan proporsi cut super ideal, diagram berikut dapat Anda jadikan sebagai acuan :

 

proporsi super ideal cut berlian

 

 

Lanjut ke artikel Cara Memilih Berlian Yang Berkualitas

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.