Bahan Cincin Berlian | Perbedaan Antara Emas 14K, Emas 18K dan Platina


Bahan cincin berlian untuk pernikahan atau cincin tunangan biasanya terbuat dari emas putih, emas kuning atau platina. Dan sering kali muncul pertanyaan, apa perbedaan antara emas 14 karat, 18 karat dan dengan platina jika digunakan untuk bahan cincin berlian ?

Pertama-tama, kunci utama memilih antara emas putih atau platina adalah mengerti, apa yang kita inginkan dari cincin berlian yang hendak dibuat tersebut. Penjelasan dibawah akan membahas mengenai perbedaan bahan cincin berlian yang terbuat dari emas putih dan platina.

bahan cincin berlian terbuat dari emas kuning, emas putih dan platina

Related: Setting Cincin Berlian Bermata Satu atau Solitaire

Warna

Emas putih dan platina mempunyai tampilan warna yang hampir sama jika dijadikan sebuah cincin berlian, yaitu warna putih. Tetapi emas putih memperoleh warna putihnya dari Rhodium, logam mengkilat yang digunakan untuk melapisi permukaan cincin atau dengan kata lain, dilakukan proses penyepuhan.

Produk setengah jadi emas putih, terbuat dari emas yang dicampur dengan zinc, palladium dan tembaga. Warna yang dihasilkan dari campuran logam tersebut adalah warna abu-abu yang agak kekuningan dan cenderung buram serta kusam. Oleh karena itu, diperlukan Rhodium, logam keras yang berwarna putih mengkilat, dipergunakan untuk melapisi permukaannya sehingga akan tampak menjadi putih berkilau.

Sedangkan platina secara alami memang memiliki warna putih dan tidak perlu dilakukan penyepuhan atau pelapisan dengan logam lainnya. Jika perhiasan berlian dipakai sehari hari, maka seiring dengan berjalannya waktu, platina akan berubah warna menjadi kusam dan badan cincin akan tampak buram. Tetapi hal tersebut dapat dihilangkan dengan mudah jika dilakukan pembersihan terhadap cincin berlian tersebut, dan warna mengkilat platina akan muncul lagi.

 

Kadar Kemurnian Bahan Cincin Berlian

Platina yang dipergunakan sebagai bahan cincin berlian, memiliki persentase kadar kemurnian lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar kemurnian emas 14 karat ataupun emas 18 karat. Platina yang dipergunakan untuk membuat perhiasan berlian, memiliki kadar kemurnian sekitar “900 sterling”. Angka tersebut setara dengan 900 dari 1000 bagian logam murni. Sedangkan emas 14 karat dan emas 18 karat, kandungan emas murninya hanya sekitar 58.5% dan 75% nya saja. Sisanya adalah logam campuran lainnya.

 

Berat Jenis

Jika dilihat dari tampilannya, sulit untuk membedakan cincin berlian yang terbuat dari platina atau dari emas putih. Tapi jika kita sudah memegang dan merasakan beratnya, maka akan dengan mudah dibedakan, mana cincin yang terbuat dari emas putih, dan mana yang terbuat dari platina. Hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan berat jenis antara kedua logam tersebut. Berat jenis dan kepadatan platina sekitar 60% lebih berat dari emas putih.

 

Biaya Pembuatan

Di alam, platina jauh lebih sulit dicari bila dibandingkan dengan emas. Proses pembuatan cincin berlian dengan bahan platina memerlukan biaya tenaga kerja yang lebih mahal bila dibandingkan jika cincin tersebut terbuat dari emas putih. Dengan dua faktor tersebut, dan ditambah dengan faktor berat jenis logamnya (jika ada cincin berlian dengan ukuran yang sama, maka cincin dengan bahan platina akan lebih berat bila dibandingkan dengan cincin yang terbuat dari emas putih), maka biaya pembuatan cincin berlian yang terbuat dari platina akah jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan cincin yang terbuat dari emas putih.

Dengan kondisi yang sama, maka harga di pasaran cincin dengan bahan platina sekitar dua kali lipat dari cincin emas 18 karat.

Dan yang mengejutkan, meskipun harga cincin berlian platina memiliki harga yang yang mahal, tetapi ternyata, permintaan terhadap cincin platina lebih tinggi bila dibandingkan dengan permintaan terhadap bahan cincin berlian yang terbuat dari emas 14 karat atau 18 karat. Mengapa hal tesebut bisa terjadi ?

 

Keawetan dan Daya Tahan

Platina adalah logam yang relatif lunak dan karenanya mempunyai keawetan yang lebih bagus karena faktor kemurnian logam yang dipergunakan sebagai bahan cincin berlian nya. Ketika cincin berlian yang terbuat dari logam platina terkena benturan atau tekanan, bentuk cincin mungkin akan berubah sedikit (penyok), tetapi kecil kemungkinan akan sampai cuil.

Sedangkan emas putih adalah material yang relatif lebih keras dan lebih tahan terhadap goresan. Tetapi emas putih relatif lebih rentan terhadap benturan. Bahkan benturan yang pelan saja bisa menyebabkan badan cincin berlian akan cuil. Hal tersebutlah yang menyebabkan mengapa sedikit tambalan sering kali ditambahkan ke badan cincin ketika cincin dibawa ke tukang perhiasan untuk perbaikan atau perawatan.

 

Secara ringkas dapat dituliskan perbedaan antara bahan cincin berlian yang terbuat dari emas 14 karat atau emas 18 karat bila dibandingkan dengan platina :

 

Emas Putih 14K/18K Platina
Lebih mengkilat Relatif lebih buram
Logam Keras Logam Lunak
Untuk pemakai dengan aktifitas tinggi Untuk pemakai yang punya alergi
Warna bisa berubah menjadi kekuningan Tidak ada perubahan warna
Berat Jenis agak ringan Berat Jenis lebih berat

 

 

Daftar Artikel Mengenai Cincin Berlian :

Panduan Lengkap Membeli Cincin Berlian
Setting Cincin Berlian Bermata Satu | Cincin Berlian Solitaire
Bahan Cincin Berlian | Perbedaan Antara Emas Putih 14K, 18K dan Platina
Cara Pembuatan Cincin Berlian Setting Halo

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.