Alur Perdagangan Berlian


Berlian, meskipun dalam bentuk mentah mempunyai nilai yang sangat tinggi. Produk akhirnya berbentuk perhiasan, baik berupa butiran batu berlian, cincin, gelang ataupun berbagai jenis perhiasan berlian lainnya. Dan nilainya sudah naik berlipat kali bila dibandingkan dengan berlian mentahnya. Untuk merubah berlian mentah yang ditemukan di tambang berlian, dan masih tercampur dengan kotoran dan batuan lainnya, menjadi perhiasan yang indah kemilau, harus melalui beberapa tahapan proses. Manajemen alur suplai (supply chain management) dalam industri berlian, adalah proses yang dilakukan mulai dari kegiatan pertambangan berlian, merubahnya menjadi produk akhir dan menyalurkan ke konsumen. Hal yang masuk dalam alur suplai perdagangan berlian, meliputi kegiatan proses eksplorasi, penambangan berlian, penyortiran, proses pemotongan, pembentukan dan pemolesan berlian, pembuatan perhiasan berlian dan proses penjualan berlian ke konsumen akhir.

Berapa besar industri berlian?

Berlian adalah salah satu sumber daya alam yang mempunyai nilai tertinggi. Perkiraan kasar, nilai berlian mentah dunia yang diproduksi per tahun nya, pada tahun 2014, diperkirakan mencapai angka 17.8 milyar dollar (sumber data). Memperkerjakan lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, baik langsung atau tidak langsung, mulai dari pertambangan sampai bisnis retail berlian. Dan perdagangan berlian yang sudah dipoles (belum menjadi perhiasan), pada tahun 2013, mencapai angka 22 milyar dollar. (sumber data).

 

Related: Tips Membeli Berlian Dengan Cara Hemat

Tahapan Alur Suplai Perdagangan Berlian

Alur suplai perdagangan berlian adalah proses yang dilakukan mulai mengangkat berlian dari dalam tanah sampai ke konsumen. Ada beberapa tahapan yang dilalui :

Eksplorasi – Proses Penambangan – Pemilahan – Pemotongan dan Pemolesan – Pabrik perhiasan – Retail – Konsumen

Eksplorasi

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah proses eksplorasi. Ahli geologi melakukan identifikasi dan penelitian di area yang diperkirakan mengandung deposit berlian. Setelah dilakukan studi yang hati hati, pemetaan, perencanaan, pengamatan dan dilakukan pengujian, barulah keputusan untuk melakukan penambangan bisa diambil untuk area yang diteliti. Bisa diteruskan untuk proses penambangan atau tidak. Jika di area yang diteliti ditemukan deposit berlian, dan secara ekonomis menguntungkan, barulah dilanjutkan dengan proses berikutnya.

 

Penambangan

Ada empat tipe penambangan berlian :

1. Tradisional
Metode yang pertama kali digunakan ketika orang mulai menemukan keindahan berlian. Dilakukan manual, dengan tenaga manusia, menggunakan sekop dan saringan. Penggalian dilakukan sepanjang tepi sungai atau area yang mengandung deposit berlian. Tanah, tanah liat, ataupun lumpur, dipindahkan dengan tenaga manusia. Tidak ada teknologi yang digunakan, hanya mengandalkan penggunaan tenaga kerja secara ekstensif. Bahkan sampai sekarangpun, metode yang sama masih dipergunakan di negara negara yang masih belum maju perekonomian ataupun teknologinya. Atau di daerah yang secara ekonomis tidak menguntungkan jika ditambang dengan cara modern.

tambang berlian tradisional di Martapura Kalimantan

Tambang berlian tradisional

2. Terowongan
Penambang membangun terowongan yang menembus gunung atau batuan cadas yang mengandung deposit berlian. Untuk keamanan, terowongan disangga dengan penyangga kayu atau besi. Batuan yang mengandung berlian ataupun limbah hasil galian, dibawa keluar dari terowongan menggunakan kereta rel, untuk pengolahan lebih lanjut.

tambang berlian sistem terowongan

Tambang berlian sistem terowongan

3. Lepas Pantai
Metode penambangan yang relatif masih baru, dan mulai diterapkan setelah era tahun 1990-an. Berlian ditambang dari dasar laut, menggunakan alat yang dikendalikan dari kapal pengontrol. Material yang mengandung berlian disedot keatas menggunakan pompa, ke kapal penampung.

penambangan-berlian-dasar-laut

Tambang berlian lepas pantai

4. Tambang Terbuka
Area yang mengandung berlian, digali dengan menggunakan peralatan modern. Metode ini digunakan apabila deposit berlian terletak tidak terlalu jauh dari permukaan, atau sepanjang pipa kimberlite (saluran bekas letusan gunung berapi kuno yang terjadi milyaran tahun yang lalu). Metode ini juga dipergunakan jika struktur tanah tidak memungkinkan untuk dibuat terowongan.

tambang berlian jwaneng bagian dari sejarah pengolahan berlian di dunia

Tambang berlian sistem terbuka atau “open pit”.

 

Proses Pemilahan (sortir)

Materi batuan yang berhasil dikeluarkan dari dalam bumi, kemudian dipilah dan diproses untuk menemukan berlian. Dari berlian yang ditemukan, dipilah lagi, mana yang masuk dalam kategori perhiasan, dan mana yang masuk dalam kategori berlian industri. Berlian industri, mayoritas dipergunakan untuk pelapis alat potong ataupun alat bor. Karena berlian adalah materi yang paling keras, maka ujung dari pisau potong industri ataupun mesin bor yang digunakan untuk mengebor sumur minyak, ujung ujung mesin bor tersebut dilapisi dengan berlian, sehingga bisa menembus dan memotong batuan atau material sekeras apapun.

Berlian mentah yang masuk dalam kategori perhiasan, disortir dan dipilah lagi oleh para ahli berlian. Ada ribuan kategori yang dipergunakan untuk memilah berlian mentah tersebut, mulai dari ukuran, bentuk berlian, kejernihan, warna, zat ikutan, cacat alamiah dan banyak lagi kategori yang dipakai untuk melakukan sortir berlian mentah (artikel 4C Berlian, membahas mengenai cara menilai kualitas berlian). Berlian mentah yang sudah disortir, kemudian dijual kepada perusahaan pemotongan dan pemolesan untuk proses selanjutnya.

 

Pemotongan dan Pemolesan

Berlian adalah materi paling keras di alam. Tidak ada yang dapat memotong berlian, kecuali dengan berlian. Sehingga dalam proses pemotongan, pembentukan dan pemolesan berlian, diperlukan peralatan dan perlengkapan khusus, ketrampilan pekerjanya, dan dasar ilmu dalam hal teori pemotongan berlian. Hanya ada beberapa tempat di dunia yang memiliki kemampuan dan spesialisasi untuk memotong dan memoles berlian. Pusat pemotongan berlian yang terkenal ada di Amsterdam – Belanda, Johannesburg – Afrika Selatan, New York – Amerika Serikat dan Tel Avif – Israel. Karena biaya tenaga kerja yang murah, pusat pemotongan berlian juga mulai ada di China, India dan Thailand. Pusat pemotongan berlian di Gujarat, India mengerjakan mayoritas berlian ukuran kecil yang diperdagangkan di dunia. Sedangkan untuk berlian dengan ukuran besar, mayoritas masih dipotong dan dikerjakan di Eropa atau Amerika Utara.

rencana pemotongan berlian mentah

Rencana pemotongan berlian mentah

Proses pemotongan, merubah berlian mentah menjadi bentuk yang sering kita lihat di cincin atau perhiasan berlian lainnya. Kesalahan kecil dalam proses pemotongan berlian mempunyai dampak yang sangat besar ke nilai atau harga berlian. Tahap perencanaan mempunyai peran yang sangat penting, bahkan bila dibandingkan dengan proses pemotongannya itu sendiri. Dengan perencanaan yang baik, pemotong berlian mempunyai panduan untuk memotong berlian dengan potongan yang ideal. Berlian mentah di scan dengan peralatan khusus, kemudian data dimasukan komputer untuk dilakukan analisa, dan komputer akan memberikan hasil analisa, dipotong menjadi bentuk berlian apa supaya optimal, dalam hal berat dan proporsi bentuk pemotongan. Bentuk alamiah berlian mentah dan bentuk berlian jadi yang mempunyai permintaan tinggi, menjadi salah satu faktor penentu keputusan dalam memotong berlian. Karena semakin besar ukuran berlian, harga per carat berlian juga semakin tinggi, maka perusahaan pemotongan berlian berhitung dengan sangat matang supaya tidak banyak batu berlian mentah yang terbuang akibat dari proses pemotongan.

 

Bursa Perdagangan Berlian

bursa perdagangan berlian di Antwerp, Belgia.

Bursa perdagangan berlian di Antwerp, Belgia.

Setelah berlian selesai dipotong dan dipoles, maka siap untuk diperjual-belikan di bursa perdagangan berlian. Di dunia, cuma ada 30 tempat dimana berlian diperdagangkan secara resmi. Berlian yang diperdagangkan masih dalam bentuk butiran, belum berbentuk perhiasan, dan sering disebut sebagai “loose diamonds“. The World Federation of Diamond Bourses (WFDB) atau Federasi Dunia Bursa Berlian, didirikan pada tahun 1947 untuk menyatukan banyak bursa perdagangan berlian dan untuk mewadahi perdagangan berlian dunia (baik berlian mentah maupun berlian yang sudah dipotong dan dipoles), serta menetapkan aturan aturan yang disepakati mengenai bagaimana berlian diperdagangkan. Pelaku mayoritas dari bursa perdagangan berlian adalah perusahaan pemotongan berlian (sebagai penjual) dan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan perhiasan (sebagai pembeli).

 

Toko Eceran / Retailer Berlian

Toko eceran bisa langsung membeli di bursa perdagangan berlian (setelah memenuhi persyaratan yang ditentukan untuk bergabung dengan bursa berlian), atau membeli setelah berliah diolah lagi menjadi perhiasan oleh produsen perhiasan. Dan konsumen akhir membeli berlian melalui toko eceran atau retailer ini.

Trend Perdagangan Berlian

Saat ini, alur perdagangan berlian mempunyai trend untuk memangkas jalur distribusi dari tambang berlian ke etalase toko perhiasan berlian, menjadi lebih pendek. Banyak perusahaan dari sisi hulu maupun hilir industri perhiasan berlian mempunyai keinginan untuk memperpendek jalur tersebut.

Sebagai contoh, Leviev Group adalah group perusahaan yang memiliki kontrol atas tambang berlian swasta terbesar, memiliki perusahaan pemotongan dan pemolesan berlian terbesar, dan mempunyai jaringan toko perhiasan di banyak kota besar di dunia, seperti London dan New York.

De Beers, perusahaan tambang berlian yang ternama, mempunyai toko retail yang khusus hanya menjual berlian di London, Paris, Tokyo dan Los Angeles.

Tiffany & Co., perusahaan pembuat perhiasan terbesar, selama hampir 172 tahun tidak mau terlibat dalam proses pemotongan dan pemolesan berlian yang dipergunakan sebagai perhiasan yang diproduksinya. Tetapi pada tahun 2002, Tiffany & Co. mulai mendirikan perusahaan pemotongan dan pemolesan berlian di Canada, Belgia, Afrika Selatan, China dan yang terakhir membuka perusahaan sejenis di Vietnam.

Harry Winston Diamond Corp. (perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan berlian) memiliki 40% saham di tambang berlian Davik Diamond Mine di Canada, dan memiliki toko retail di New York, Paris, Tokyo, dan mempunyai rencana untuk menambah toko retailnya di Amerika Serikat, Beijing dan Hong Kong.

Kepemilikan usaha, mulai dari tambang berlian sampai toko retail, baik dimiliki secara penuh atau dengan kepemilikan saham, menambah banyak keuntungan bagi perusahaan perusahaan tersebut.

 

negara penghasil berlian di dunia

 

Comments

comments


Leave a Reply

Your email address will not be published.