4C Berlian | Cara Menilai Kualitas Berlian


Hingga awal abad 20, belum ada standard yang disepakati diantara pedagang batu berlian, bagaimana cara menilai kualitas berlian dan bagaiman cara berlian dihargai. Kondisi ini mengakibatkan seringnya muncul rasa ketidak-percayaan diantara para pelaku di bisnis batu berlian dalam hal penilaian kualitas berlian dan penetapan harganya. Dan konsumen batu berlian pun mengalami kesulitan untuk memperoleh harga standard yang layak untuk perhiasan berlian yang diinginkan, yang dikarenakan karena ketidak-mengertian dan memang belum adanya standar yang diakui untuk menilai dan menghargi sebuah batu berlian.

Hingga akhirnya, pada tahun 1931, Mr. Robert M. Shipley mendirikan Gemological Institute of America dan membuat standard penilaian untuk kualitas berlian. Seiring dengan berjalannya waktu, standard penilaian tersebut dapat disepakati dan diterima oleh para pelaku bisnis batu berlian dan populer dengan nama “4C of Diamond” atau “4C Berlian”

 

Related: Kualitas Warna Berlian

4C Berlian – Cara Menilai Kualitas Berlian

Keindahan, keunikan, langka dan tidaknya sebuah batu berlian serta penentuan harga, semua didasarkan atas 4C Berlian, yaitu Cut (pemotongan), Carat (berat), Color (warna), dan Clarity (kejernihan).

Carat Berlian / Berat Berlian

Carat adalah hal pertama yang sering muncul ketika kita membicarakan berlian. “Berapa carat berliannya?” adalah pertanyaan yang sering diajukan ketika melihat berlian. Dan sering kali karena terlalu mempertimbangkan faktor carat berlian, faktor C yang lainnya jadi terabaikan.

Cut Berlian / Pemotongan Berlian

Cut adalah faktor yang paling menentukan kualitas berlian, yang membuat berlian tampak terlihat cemerlang dan bisa memancarkan keindahannya. Cut harus menjadi pertimbangan utama dalam memilih berlian, jika menginginkan berlian yang indah berkilau dan terlihat begitu hidup.

Color Berlian / Warna Berlian

Semakin bening warna berlian, maka semakin bagus kualitas berlian tersebut. Yang padahal, apabila berlian dengan grade warna F disandingkan dengan berlian grade warna G, kecil kemungkinan bisa membedakan keduanya, tetapi dalam hal harga bisa berbeda jauh.

Clarity Berlian / Kejernihan Berlian

Grade kerjernihan berlian, dinilai dari beberapa faktor, seperti sedikit banyaknya zat ikutan, cacat bawaan yang ada di dalam berlian, lokasi kotoran yang ada, dan lain sebagainya. Tapi harap diingat, bahwa penilaian kejernihan berlian dilakukan dengan pembesaran 10x, yang apabila dengan mata telanjang tidak mungkin bisa terlihat.

 

Cara menilai kualitas berlian 4C berlian

4C Berlian – Cara menilai kualitas berlian.

4C Berlian, benar benar ditentukan oleh alam. Alam yang menentukan sebuah batu berlian termasuk ke dalam kategori istimewa, langka dan tak ternilai harganya, atau termasuk kedalam golongan batu berlian dengan kualitas standard.

Dari 4C Berlian tersebut, hanya CUT yang dapat dikontrol dan diatur oleh manusia. Yaitu dengan melalui ketrampilan memotong dan membentuk berlian, teknologi yang dipergunakan untuk memotong, serta menjadi faktor yang paling penting dalam menentukan nilai, harga dan kualitas berlian.

Dengan CUT yang bagus, dari batu berlian mentah yang berbentuk tak beraturan, akan berubah menjadi batu berlian yang bening berkilau dan bisa merefleksikan serta membiaskan cahaya dengan indahnya.

Menurut para ahli dalam industri batu berlian, dengan asumsi Color, Clarity dan Carat yang sama, tetapi dengan Cut yang sempurna, bisa meningkatkan nilai sebuah batu berlian lebih dari 50%.

Dengan adanya kesepakatan dan penerimaan secara luas terhadap sistem 4C Berlian, ada dua hal penting yang bisa diberikan solusi: (1) kualitas dan nilai batu berlian dapat dikomunikasikan dalam bahasa universal yang bisa diterima dan dimengerti semua pihak, (2) dan konsumen dapat mengetahui dengan pasti, batu berlian dengan kualitas seperti apa yang hendak dibeli.

 

Penjelasan ringkas yang menarik cara menilai kualitas berlian

 

Carat | CutColor | Clarity

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.